5 Tips Hemat BBM Ala Anak Kost

Indonesia sedang mengalami naik turunnya harga, bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan, kenaikan harga tersebut tidak berpengaruh terlalu besar. Namun, lain cerita apabila melihat keadaan mahasiswa yang berbeda dengan para pekerja, keadaan tersebut dirasa sangat memberatkan mereka khususnya para anak kost.

Nah, berikut ada beberapa tips hemat menggunakan BBM:
1. Berkendara Konstan.
Bagi para mahasiswa harus pintar dalam memacu kendaraannya, jangan terlalu nafsu untuk melaju dengan kecepatan tinggi ataupun memacu kekuatan motor dengan menarik gas secara kejut. Menarik gas pada kendaraan secara kejut akan membuat pengeluaran bensin semakin boros. Usahakan siapkan waktu lebih untuk berangkat menuju lokasi agar santai berkendara.

2. Berkendara Sendiri
Bobot yang ditanggung oleh kendaraan bermotor Anda juga sangat berpengaruh pada debit bensin yang akan terpakai. Bila bobot bertambah dengan demikian, kekuatan mesin juga harus naik agar kecepatan kendaraan berjalan sesuai dengan keinginan pengendara. Untuk menaikan kekuatan mesin itu, bensin yang terpakai pasti akan bertambah juga. Mungkin tips ini akan sangat berguna bagi mahasiswa yang selalu bersama dengan temannya.

3. Hindari teman yang mau nebeng
Tips selanjutnya merupakan tips yang paling sulit untuk di jalani, karena faktor pertemanan menghalangi kelangsungan tips ini. Bila Anda sebagai pemilik kendaraan memberi tumpangan kepada orang lain, jarak yang di tempuh akan semakin bertambah, belum lagi bila orang tersebut memiliki banyak permintaan dan Anda tidak bisa menolaknya. Dengan demikian, jumlah bensin yang akan keluar semakin banyak. Jadi lebih baik di hindari. 

4. Mengurangi Jumlah Penggunaan Kendaraan
Generasi mahasiswa pasti sering terkena penyakit mager atau malas gerak. Akibatnya hanya jarak 200 meter saja Anda mungkin akan menggunakan kendaraan untuk ke tempat tujuan. Hal tersebut harus dikurangi bahkan dihilangkan karena walaupun hanya berjarak 200 meter apabila sering, pengeluaran bensin pasti akan besar juga. Jadi harus di hindari sifat mager tersebut.

5.  Menumpang
Untuk berhemat, cara ini pasti sangat efektif karena Anda cukup duduk manis dan menemani orang yang Anda minta tumpangan. Tips ini sangatlah manjur dalam penghematan, apalagi bila jarak yang di tempuh sangat jauh mungkin Anda akan mendapatkan apa yang disebut “keuntungan walaupun berhemat”
Tips di atas merupakan tips yang umumnya dilakukan oleh para anak kost khususnya para perantau dan waktu yang sangat tepat untuk menggunakan tips di atas adalah saat akhir bulan. Dengan demikian pengeluaran akan semakin tertekan dan uang yang tersisa dapat disimpan untuk masa depan.
Sumber : liputan6
Ilustrasi kenaikan harga BBM
Demikian tulisan tentang 5 Tips Hemat BBM Ala Anak Kost. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Hemat BBM Ala Anak Kost"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel