22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah

Mungkin sudah banyak yang tau kalau Dawet Ayu ini merupakan minuman khas dari Banjarnegara. Dan Banjarnegara sendiri masuk dalam kawasan Jawa Tengah. Selain minuman yang khas itu tadi, di Banjarnegara juga memiliki beberapa destinasi tempat wisata yang bisa anda kenali dan kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan, semua ada di daerah ini. Jadi kalau anda sedang berada di Banjarnegara, maka jangan lupa untuk berkunjung ke 22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah berikut ini:

Curug Pitu Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Tempat wisata di Banjarnegara yang pertama adalah Curug Pitu. Wisata alam yang selalu mempunyai kesan tersendiri bagi setiap wisatawan. Dinamakan Curug Pitu karena air terjun ini memilik tujuh tingkat. Yang mana Pitu merupakan bahasa jawa dan kalau di Indonesiakan berarti Tujuh.

Untuk mencapai ke tingkatan nantinya anda bisa melewati tangga yang sudah disediakan. Tidak ada perbedaan yang signifikan, setiap tingkatannya memiliki kesamaan yaitu masih nampak asri dan alami. Udara sekitar yang sejuk pun nantinya akan menjadikan anda betah berlama-lama di Curug Tuju ini.
Lokasi : Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara

Curug Mrawu Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Objek wisata di Banjarnegara yang satu ini memiliki lokasi yang jauh dari pemukiman. Untuk mencapai ke Curug Mrawu, anda diharuskan berjalan kaki melalui jalan setapak yang membentang di persawahan dan hutan yang jauhnya beberapa kilometer.

Setelah sampai ke lokasi Curug Mrawu, anda juga dapat menikmati destinasi tempat wisata Banjarnegara lainnya seperti Mata Air Giritirta dan Curug Genting. Yah, tiga obyek wisata ini masih dalam satu lokasi yang sama. Sama-sama alami dan memiliki pesona alam yang indah.
Lokasi : Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara

Curug Pundung Sewu Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Curug Pundung Sewu yang masuk dalam kawasan wisata di Banjarnegara ini masih terlihat alami dan belum tersentuh perkembangan yang berarti. Kalau anda berkunjung ke Banjarnegara, ada baiknya anda coba untuk jelajahi wisata alam yang satu ini.

Lokasi : Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara

Curug Sikopel Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Surga tersembunyi yang berikutnya berada di Air Terjun Sikopel ini. Wisata alam Banjarnegara memang banyak yang tersembunyi entah dibalik pegunungan atau ditengah hutan. Dan Curug Sikopel salah satunya. Curug ini memiliki ketinggian 70 meter yang airnya beraasal dari kawah Sileri. Memang masih sepi akan wiastawan karena dominasi tujuan lebih ke Wisata Dieng Banjarnegara.

Menurut warga setempat, mitos dari mandi di Air Terjun ini dapat menjadikan kita lebih awet muda. Jadi, buat anda yang mau membuktikan mitos tersebut, silakan kunjungi curug Sikopel dengan keluarga atau kerabat terdekat anda.
Lokasi : Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara

Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Tempat wisata di Banjarnegara ini memiliki nama lain yaitu Kebun Binatang Selamanik. Berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Banjarnegara menjadikan tempat ini rekomended untuk wisata bersama keluarga anda. Disini, anda dapat mengenal satwa liar seperti Orang Utan, Gajah, Aneka Burung, Unta dan masih banyak lagi. Dan selain itu, terdapat juga fasilitas pendukung buat anda yang mau berenang di tempat ini.  Jadi tunggu apalagi ? Kalau anda melewati Banjarnegara, jangan lupa untuk mampir ke Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas ya. Selain berekreasi nantinya anda bisa beredukasi mengenal satwa secara langsung.

Lokasi : Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara
Waduk Mrica Banjarnegara

22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Waduk yang memiliki ukuran panjang 6,5 KM dengan luas -+ 1.250 H ini menjadi waduk terpanjang di Asia Tenggara. Waduk Mrica yang juga dikenal dengan Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman ini digunakan sebagai penanggul dari Sungai Serayu. Pembangunannya pun tidak main-main karena memindahkan lebih dari 32 Desa di 7 Kecamatan yang berbeda.

Yah, meskipun fungsi utamanya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air tetap jalan, namun akhir-akhir ini, Waduk Mrica digunakan sebagai Objek Wisata Banjarnegara yang ramai dikunjungi wisatawan.
Lokasi : Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara

Surya Yudha Park Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah

Wisata Keluarga di Banjarnegara ini memiliki dua patung replika icon dari Negara Singapura dan America. Yah, Singa dan Liberty ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan terutama anak muda yang doyan selfie. Selain itu, di Surya Yudha Park juga terdapat wahana air yang patut untuk anda coba. Nggak mau ketinggalan kan sama netizen lain yang pamer selfie di tempat ini ? Yuk datang dan kunjungi Surya Yudha Park.

Lokasi : Jl. Raya Karang Kobar KM. 1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara

Arum Jeram Sungai Serayu
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah

Olahraga extrem sekaligus membutuhkan tenaga lebih ini memang lagi trend dikalangan wisatawan Indonesia. Bukan hanya di Sungai Klawing Purbalingga namun di Banjarnegara kini juga tersedia wahana arum jeram tepatnya di Sungai Serayu. Dimulai dari Zona Wisata The Pikas Resort yang berlokasikan di Desa Kutayasa atau dari Kampung Main Jujugan Serayu di Desa Randeng.

Bukan sekedar olahraga bukan ? Arum Jeram ini juga bertujuan untuk menguji nyali serta kekompakan team kita.
Lokasi Desa : Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara

Wadas Tumpang Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Wadas Tumpang ini merupakan sebuah gunung yang terbentuk oleh tumpukan dua batu dan diselimuti oleh pohon beringin besar berumurkan ratusan tahun. Di lokasi ini terdapat kandang macan yang terbuat secara alami dari akar pohon serta terdapat kera putih berseliweran. Dulunya Wadas Tumpang terkenal sebagai tempat pertapaan masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya. Ini bisa dibuktikan dengan adanya banyak sesaji yang berada di lokasi.

Udara yang sejuk serta pemandangan yang hijau menjadikan tempat ini terlihat indah. Dan buat anda yang mau ke puncak dari gunung ini bisa mendakinya dengan mudah karena hanya memiliki ketinggian 20 Meter.
Lokasi : Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Anglir Mendung Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Anglir Mendung merupakan tempat wisata di Banjar yang memiliki udara sejuk karena dikelilingi oleh Hutan Lindung. Di tempat ini terapat fasilitas kolam renang dan taman untuk anak-anak bermain. Selain itu, kalau anda mau melakukan kegiatan diluar ruangan, lokasi isi cocok untuk bumi perkemahan dengan kapasitas 200 tenda.

Wisata Dieng Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah

Kompleks wisata Dieng di telinga wisatawan Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi. Banyak tempat wisata yang menarik untuk dikenal dan dikunjungi. Mulai dari peninggalan sejarah hingga wisata alamnya yang eksotif. Dan berikut adalah Wisata Dieng Banjarnegara yang kami rekomendasikan untuk anda:

Komplek Percandian Arjuna
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Komplek percandian yang terdiri dari Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Arjuna dan Candi Sembadra ini wajib untuk anda kunjungi kalau sudah sampai di Banjarnegara. Kompleks Candi Hindu yang biasa digunakan sebagai lokasi Dieng Culture Festival ini memiliki dukungan pemandangan alam yang hijau, udara sejuk serta hawa yang dingin khas dataran tinggi Dieng.

N.B. : Dieng Culture Festival ini merupakan tradisi turun temurun pemotongan rambut gimbal.
Lokasi : Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara

Telaga Merdada Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Telaga Merdada yang memiliki luas 25 H ini merupakan telaga terbesar yang ada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Meskipun luas, namun telaga ini tidak memiliki sumber air sendiri, jadi air yang ada di Telaga sepenuhnya berasal dari air hujan. Ketika musim kemarau seluruh permukaan Telaga Merdada akan terlihat dengan jelas.

Pemandangan alam disekitar telaga juga terlihat indah karena dikelilingi oleh Bukit Semurup dan Bukit Pagonan. Aslinya bukan Semurup akan tetapi  summer up. Sebuah bukit yang sering terjadi kebakaran dan bertanahkan merah.
Lokasi : Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Obyek wisata Dieng ini tidak terdapat dipuncak gunung melainkan berada di dataran yang menyerupai sumur. Yah, karena lokasinya yang mudah dijangkau menjadikan wisatawan dapat melihat aktivitas kawah secara langsung. Selain pemandangan kawah yang asing diiringi dengan pesona alam hijau, di sekitar lokasi anda juga dapat menyewa sepeda untuk berkeliling dengan biaya Rp. 10.000. Dan kalau anda mau membeli buah tangan atau oleh-oleh, di pintu utama Kawah Sikidang terdapat pasar yang menjual lengkap souvenir khas Dieng.

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Candradimuka Dieng
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Obyek wisata Dieng memang hampir semua terkenal oleh wisatawan Indonesia. Kawah Candradimuko misalnya. Kawah yang mempunyai cerita sebagai tempat Jedinya Gatutkaca memperoleh kekuatan otot kawah tulang besi ini masih aktif hingga sekarang.

Lokasi : Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Sumur Jalatunda Dieng
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Yah, meskipun dari segi fisik tidak terlihat seperti sumur pada umumnya yang justru terlihat seperti kolam atau rawa, namun masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Sumur Jalatunda. Sumur ini  memiliki kedalaman 150 Meter dan diameter lingkar 90 Meter ini dulunya terbentuk karena letusan kawah vulkanis.

Lokasi : Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Sileri Dieng
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
 Kondisi Kawah Sileri yang pernah meletuh beberapa kali di tahun 1944, 1964, 1984, 2003, dan 2009 tetap aman untuk dikunjungi sebagai tempat wisata di Dieng. Nama Sileri dari kawah ini diambil dari bahasa jawa “ leri “ yang berartikan air sisa cucian beras. Air kotor berwarna silver pada kawah ini menyerupai air cucian beras. Dan karena itulah kawah ini diberi nama Sileri.

Lokasi : Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Candi Gatotkaca Dieng
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Candi Gatotkaca berlokasikan di barat kompleks Candi Arjuna. Akomodasi yang ada di candi ini lumayan lengkap karena ada warung makan dan pedagang souvenir untuk oleh-oleh khas Dieng.

Lokasi : Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara
Tiket : Rp. 10.000

Museum Kaliasa Dieng
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Tempat wisata di Dieng yang satu ini terbilang baru karena diresmikan pada 28 Juli 2008. Diberikan nama Kalisa karena merupakan tempat tinggal dari Dewa Syiwa. Museum ini memiliki koleksi berupa warisan arkeologis, artefak dan keterangan alam ( flora-fauna, geologi ) dan masih banyak lagi.

Lokasi : Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Gunung Lanang Banjarnegara
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Pemberian nama lanang ( laki-laki ) ini dikarenakan bentuk fisik dari gunung itu sendiri kalau dilihat dari jauh menyerupai alat kelamin dari kaum laki-laki. Dan menurut warga sekitar, gunung lanang ini merupakan pasangan dari gunung wadon ( perempuan ) yang biasa dikenal dengan gunung Tampomas. Gunung yang nampak unik ini cukup sakral karena digunakan sebagai tapa. Ini dilihat dari sesaji-sesaji yang banyak tertinggal di gunung ini. Jadi, kalau anda berkunjung ke gunung ini dianjurkan untuk berhati-hati dalam berkata ataupun bersikap supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Lokasi : Desa Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Candi Bima Dieng
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Obyek wisata di Banjarnegara ini pernah dipugar kembali karena kondinya yang memburuk pada tahun 2012. Pemugaran ini dilakukan sebagai wujud pelestarian supaya benda-benda peninggalan sejarah tinggal hancur atau rusak dimakan zaman. Dan untuk arsitekturnya, Candi Bima ini mirip dengan candi-candi di India. Dan terbilang unik karena berbeda dengan candi-candi populer lainnya yang ada di Dieng.

Lokasi : Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Candi Dwarawati Dieng
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Meskipun tidak sepopuler Candi Arjuna dan Gatotkaca ataupun Candi Bima. Candi yang satu ini berukuran kecil dan lokasinya tersembunyi. Candi yang dulunya dibangun sebagai pemujaan terhadap dewa Syiwa ini sebenarnya memiliki teman seperti Candi Margasari, Candi Pandu dan Candi Parikesit. Namun untuk saat ini, hanya Candi Dwarawati yang kokoh berdiri. Bangunan candi lainnya sudah hancur.

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Benar-benar indah dan menakjubkan tempat wisata di Banjarnegara. Buat anda yang berdomisili di Jawa Tengah dan sekitarnya, silakan berkunjung ke destinasi wisata yang sudah kami ulas tadi. Semoga bermanfaat dan menjadi liburan yang menyenangkan untuk anda dan keluarga.

Jangan lupa baca juga:
Bukit Situk Desa Kalilunjar Banjarnegara Tawarkan Panorama Menawan

Sumber:
http://tempatwisataindonesia.id/tempat-wisata-di-banjarnegara/

Belum ada Komentar untuk "22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel