Najwarent Jaya Abadi Bisnis Rental Mobil Saat Lebaran Raih Omzet 1 Miliaran

Usia Muda bukanlah halangan untuk sebagian orang memulai bisnis. Bahkan usia muda bisa menjadi kunci kesuksesan karena memang masih dalam masa produktif seseorang dalam bekerja. selain itu masa muda juga bisa dijadikan tolak ukur pembelajaran untuk masa depan. Inilah yang telah dijalani Luthfi Abi yang terjun di dunia bisnis jasa rental mobil. meskipun terdengar sederhana sebenarnya bisnis ini kerap menjamur saat momen-momen tertentu seperti hari libur nasional.

Najwarent Jaya Abadi Bisnis Rental Mobil Saat Lebaran Raih Omzet 1 Miliaran
Awalnya Abi memulai usaha ini sejak 2014, saat itu ia hanya memiliki satu buah kendaraan roda empat. "Mulanya iseng-iseng menyewakan mobil kemudian mulai mendapat keuntungan hingga akhirnya bisa berkembang sampai sekarang,"papar Abi. Sebenarnya bisnis jasa penyewaan mobil ini kurang terlihat apabila menggunakan pandangan orang awam, namun siapa sangka bisnis ini bisa terus menjamur dan berkembang seiring perkembangan zaman.


Saat lulus sekolah abi memang sudah tertarik dengan dunia usaha. "Bermula dari teman yang meminta untuk jasa sewa mobil untuk nikahan sampai akhirnya mulai serius menjalankan bisnis ini,"ungkap abi. Bahkan berkat kerja kerasnya selama 2 tahun ia sudah memiliki 130 armada mobil yang biasa digunakan untuk disewakan dan menjalankan jasa layanan transportasi berbasis aplikasi. Dari 130 armada mobil yang ia miliki tersebar di 3 kota besar, Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Sebenarnya Luthfi Abi sudah senang menjalankan dunia bisnis, bahkan ia pernah terjun kedunia bisnis bengkel mobil, cuci steam, dan majalah otomotif. "Sejak kecil saya memang sudah bergaul dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis, selain itu saya juga memang suka dengan dunia otomotif,"papar Abi.

Pengalaman Pahit Sebagai Cambuk untuk Bangkit
Dalam menjalankan bisnisnya abi mengaku bekerja sama dengan salah satu jasa penyedia transportasi online."Untuk hari-hari biasa, armada saya gunakan untuk menggunakan transportasi online. Tapi kalau sudah memasuki weekend dan event lebaran saya fokuskan pada jasa penyewaan mobil," papar abi. Strategi ini cukup ampuh setelah ia jalani, terbukti semakin meningkat.
"Dalam menjalankan bisnis modal pertama harus 'nekat' karena kalau terlalu banyak perhitungan yang ada malah tidak berjalan"
Saat awal menjalankan bisnis mobil miliknya ia bahkan sudah menemui berbagai kendala. namun hal itu tak membuatnya menyerah bahkan ia lebih berani dalam melangkah ke depan. "Pengalaman dan kesulitan itu sebenarnya bisa diatasi, bahkan saya pernah mendapatkan mobil yang disewakan klien dibawa kabur entah ke mana, namun saya berhasil melewati masa-masa itu," uhar Abi. Bahkan ia sempat merasa depresi sebelum akhirnya bagkit kembali. Selain itu ia juga kerap mendapati beberapa karyawannya yang 'nakal' namun dengan pendekatan yang khusus hal-hal seperti itu dapat pula teratasi. Bahkan ia tak ragu selalu memberikan pengertian kepada para karyawannya. "sebelum memulai usaha ini, saya harus mengetahui kondisi lapangan dan suasana saat menjalankan bisnis ini, saya bahkan sempat menjadi sopir guna memahami karakteristik konsumen," ungkap Abi.

Najwarent Jaya Abadi Bisnis Rental Mobil Saat Lebaran Raih Omzet 1 Miliaran
Menurut Abi peran orang tua dalam memberikan dukungan pun cukup besar. Ia bahkan kerap diberikan pandangan dan saran dalam menjalankan usahanya. "Saya sejak SMP sudah mulai mengambil pelajaran dari beberapa orang tua, selain juga pengalaman yang saya dapat sebelumnya," ujar Abi. Tak heran di usahanya yang masih muda ia mampu menangani bisnis rental mobilnya sendiri.

Ramai Jelang Hari Raya
Peluang bisnis jasa penyewaan mobil memang sedang berkembang pesat. Selain dimanfaatkan untuk keperluan sendiri mobol kini juga dimanfaatkan untuk angkutan transportasi berbasis online. Walaupun saat ini peraturan tentang penggunaan mobil pribadi menjadi angkutan umum sedang dalam proses. Terlebih adanya libur hari raya yang membuat permintaan sewa mobil meningkat tajam.

Baca: 6 Jenis Usaha Musiman Ramadhan dan Lebaran yang Paling Menguntungkan

Saat lebaran Abi mengaku selalu mendapat permintaan sewa mobil dari berbagai pihak. Mulai dari perorangan sampai konsumen yang memang sudah biasa menggunakan untuk keperluan lain. "Biasanya beberapa bulan menjelang atau ramadhan sudah mulai banyak permintaan, bahkan uniknya beberapa konsumen meminta jenis mobil khusus," ujar Abi. Hal ini namun dianggapnya suatu yang wajar, mengingat beberapa konsumen sudah menjadi pelanggan tetap. Meski pun saat lebaran atau Idul Fitri  permintaan untuk sewa mobil terus meningkat, tetapi hal ini tak membuat Abi mendapatkan kendala. Justru saat event lebaran ada beberapa resiko yang bakal dihadapi, bahkan lebih besar. "Saya pernah mendapat masalah ketika event lebaran, 5 mobil saya dibawa kabur oleh konsumen, bahkan butuh waktu beberapa bulan untuk menemukannya," ujar Abi.

Semenjak Abi menjalankan bisnis rental mobil miliknya ia memang selalu mengalami peningkatan. Bahkan semenjak ia bekerja sama dengan salah satu perusahaan transportasi berbasis online. "Saat awal ada jasa pelayanan berbasis aplikasi masuk ke Indonesia kebetulan saya memang sudah mulai tertarik dan bergabung sampai saat ini," ujar Abi. Menurutnya perusahaan seperti ini membantu masyarakat lebih mudah mendapatkan jasa layanan transportasi dengan media online.

Beberapa bulan lalu memang diketahui terjadi penolakan terhadap jasa transportasi online ini. Bahkan dibeberapa titik aksi penolakan menimbulkan tindak kekerasan. namun hal ini tidak membuat konsumen khawatir dan takut untuk menggunakan jasa transportasi yang memang berbasis online ini. "Semenjak aksi demo waktu itu, justru permintaan konsumen semakin meningkat, ini membuat saya terus membutuhkan driver lebih banyak, karena memang peluang bisnisnya masih sangat terbuka," papar Abi.

Najwarent Jaya Abadi Bisnis Rental Mobil Saat Lebaran Raih Omzet 1 Miliaran

Biasanya dalam sebulan Abi mendapatkan keuntungan hingg Rp 1 Milliar. Kedepannya Abi ingin terus mengembangkan bisnis rental mobilnya lebih besar. "Saya berkeinginan untuk terus membuka peluang di dunia bisnis otomotif, dengan membuka bengkel modifikasi mobil, selain itu saya juga tertarik dengan dunia properti atau fashion baju anak muda," papar Abi. Dalam kesempatannya Abi memberikan kiat khusus bagi anak-anak muda seusianya yang ingin memulai bisnis. "Dalam menjalankan bisnsi modal pertama harus 'nekat' karena kalau terlalu banyak perhitungan yang ada malah tidak berjalan, selain itu minta dukungan orang tua atau orang yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut, dan berdoa," tutup Abi.

Baca: 6 Jenis Usaha Musiman Ramadhan dan Lebaran yang Paling Menguntungkan

Sumber: majalah elshinta Juni 2016 tahun VIII

Demikian tulisan tentang Najwarent Jaya Abadi Bisnis Rental Mobil Saat Lebaran Raih Omzet 1 Miliaran. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Najwarent Jaya Abadi Bisnis Rental Mobil Saat Lebaran Raih Omzet 1 Miliaran"

Posting Komentar