Ingin Liburan? Hemat Pengeluaran dengan 6 Cara Ini

Ingin Liburan? Hemat Pengeluaran dengan 6 Cara Ini
Ilustrasi
Bepergian ke luar negeri merupakan bentuk kemewahan bagi kebanyakan orang. Bahkan untuk melakukannya, terkadang seseorang harus menabung berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tentunya untuk memesan tiket, hotel, makanan maupun transportasi membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Agar liburan lebih hemat, Anda bisa menekan beberapa biaya dengan beberapa cara. Anda tidak harus terpaku pada pengeluaran yang sudah ditetapkan. Lakukan improvisasi pada bagian tertentu, misalnya seperti saat Anda memilih makanan saat berlibur.

Melansir dari Parent Herald, Selasa (22/3/2016), bagi Anda yang ingin menekan biaya, berikut kiat-kiat untuk menghemat pengeluaran saat liburan.

1. Pesan penerbangan murah
Harga tiket penerbangan sangat tergantung pada situasi di bulan tersebut. Biasanya pemilihan waktu yang berdekatan dengan musim liburan akan membuat harga tiket semakin mahal. Hindari saat tersebut untuk mendapatkan tiket yang lebih murah.
Anda juga bisa melakukan download beberapa aplikasi atau cek beberapa website yang disediakan oleh layanan penerbangan untuk membandingkan harga.

2. Hindari hotel
Websites seperti ‘Airbnb’ menawarkan tempat tinggal selain hotel, untuk disewakan bagi para wisatawan oleh para orang lokal.
Anda bisa memanfaatkannya untuk menekan biaya daripada harus memesan hotel dengan biaya yang mahal. Anda juga bisa terhindar dari biaya lain seperti pajak misalnya.

3. Jangan makan seperti turis
Terkadang Anda hanya membutuhkan liburan, menikmati pesona alam atau bertemu dengan orang baru. Jangan memaksakan keinginan Anda dengan ingin mencicipi segala bentuk masakan khas daerah tersebut, apalagi bila harus mengeluarkan biaya di restoran bintang lima.
Bila mau, Anda bisa makan masakan khas daerah yang juga dijual di rumah makan yang sederhana, atau yang dijajakan di sepanjang jalan.

4. Lakukan kerja sambilan selama berlibur
Jika Anda ingin melakukan perjalanan tapi tidak memiliki banyak uang, ada banyak pekerjaan sementara yang ditawarkan di luar negeri. Diantaranya adalah pekerjaan seperti mengajar bahasa Inggris, mencuci piring untuk restoran atau memilih anggur untuk vinery.
Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan uang tunai sementara perjalanan. Selain itu Anda jadi bisa akrab dengan budaya lokal setempat.

5. Pergi ke negara yang terjangkau
Negara-negara tropis seperti Filipina, Malaysia, Hong Kong atau Singapura adalah tempat yang murah untuk pergi liburan. Anda bisa memilih pantai di negara tropis, yang besar dan santai.
Selain refreshing, Anda juga bisa bertemu penduduk setempat yang benar-benar akomodatif dan ramah. Jangan sia-siakan waktu di tempat yang mahal namun Anda tidak menikmatinya.

6. Gunakan angkutan umum
Kekhawatiran saat berlibur ke luar negeri timbul saat Anda benar-benar buta arah. Sehingga Anda akan menyewa mobil pribadi agar bisa melakukan perjalanan kemanapun sesuka Anda. Padahal Anda bisa menggunakan angkutan umum yang disediakan di negara tersebut. Dengan melakukan ini, maka Anda akan menghemat pengeluaran dan juga melihat gaya hidup dari negara yang Anda kunjungi.

0 Response to "Ingin Liburan? Hemat Pengeluaran dengan 6 Cara Ini"

Posting Komentar