Sepatu Harus Dilepas di Luar Rumah, Ini Alasan Pentingnya

Ladies, kebiasaan melepas sepatu di luar rumah memang sering sekali kita jumpai di Indonesia. Well, ternyata budaya ini jauh lebih baik untuk kesehatan Ladies. 
Sepatu Harus Dilepas di Luar Rumah, Ini Alasan Pentingnya
Copyright: pexels.com/pixabay
Penelitian yang dilakukan di University of Arizona membuktikan, ada banyak efek buruk dari kebiasaan mengenakan sepatu di dalam rumah. Apa saja sih?
  • Alasan pertama berkaitan dengan bakteri. Ada bakteri yang baik untuk manusia, namun banyak pula yang merugikan. Studi dari University of Arizona tadi meneliti bakteri di sepatu. Ditemukan rata-rata ada 421 ribu bakteri yang menempel di bagian luar sepatu, yang terjadi dari sembilan jenis bakteri berbeda. Beberapa bakteri jahat yang ditemukan di sepatu termasuk Escherichia coli, atau E. coli. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi usus, diare, dan dalam kasus yang cukup jarang, meningitis. Ada pula Klebsiella pneumoniae, yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Lalu ada juga Serratia ficaria. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi respiratori (pernafasan). Bakteri ini bisa menempel berminggu-minggu pada sepatu.
  • Selanjutnya adalah racun. Racun juga bisa menempel di sepatu. Sebuah studi di Battelle Memorial Institute, kelompok riset nirlaba menemukan, racun dari saat kamu merawat halaman, bisa dengan mudah menempel di sepatu. Racun dari jalanan beraspal yang dilapisi dengan tar juga berisiko menyebabkan kanker. Racun-racun ini, bisa masuk ke dalam rumah dan menetap dalam wujud partikel debu. Partikel-partikel ini bisa dibawa masuk oleh sepatu.
  • Yang selanjutnya adalah tanah. Tanah sebenarnya memang tak berbahaya, namun anak-anak yang tak mengerti akan rentan memasukkan tangan mereka ke mulut, atau mengambil mainan dari lantai dan memasukkannya ke mulut. Melepas sepatu di luar akan menghindarkan anak-anak dari ini.
Nah Ladies, apakah kamu termasuk yang melakukan kebiasaan ini?
Sumber: Liputan6.com 

Belum ada Komentar untuk "Sepatu Harus Dilepas di Luar Rumah, Ini Alasan Pentingnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel