7 Tanda Anak Akan Tumbuh Berkepribadian Introvert, Kenali Sekarang Moms!

Mengenali kepribadian anak itu penting, apalagi untuk mengetahui cara terbaik mendukung dan mendorong agar memaksimalkan minat dan bakatnya. Anak bisa tumbuh menjadi pribadi ekstrovert atau introvert. Dan jika anak memiliki kepribadian introvert, Moms juga perlu mempelajari pendekatan yang sesuai agar bisa memaksimalkan kemampuan anak.

Tapi jika kamu belum tahu bagaimana cara mengenali anak berkepribadian introvert, dilansir dari yourtango.com, Jumat (20/4/2018), ini cara mengetahui tanda-tandanya.
7 Tanda Anak Akan Tumbuh Berkepribadian Introvert, Kenali Sekarang Moms!
Kenali ciri anak introvert/copyright Pixabay.com/vborodinova
1. Menghindari kontak mata dan interaksi berlebih dengan orang lain
Anak introvert biasanya pemalu dan tertutup, dan salah satu ciri yang ia tunjukkan adalah menghindari kontak mata. Bukan karena bermaksud untuk tidak sopan, tapi mereka berusaha melindungi diri dari intimidasi dan rasa malu.

2. Merasa malu atau kesal setelah menjalani hari yang padat
Karena anak introvert tidak begitu suka berinteraksi terlalu lama dengan banyak orang, tidak begitu nyaman berada di keramaian, ia pasti akan merasa kesal atau lelah setelah seharian menjalani aktivitas padat dan sibuk. Ketahui bahwa ia pasti menginginkan waktu tenang sendirian.
7 Tanda Anak Akan Tumbuh Berkepribadian Introvert, Kenali Sekarang Moms!
Anak introvert lebih suka bicara sendiri, atau bicara dengan peliharaannya/copyright Shutterstock.com
3. Sering bicara sendiri 
Moms mungkin khawatir jika melihat anak bicara sendiri, namun bukan berarti ia gila. Ini justru menjadi caranya berinteraksi dengan diri sendiri. Ini adalah caranya mengungkapkan perasaan. Karena ia tidak begitu suka bersosialisasi, ia lebih memilih bicara sendiri, berkomunikasi dengan dirinya sendiri.

4. Suka bermain sendiri
Anak introvert akan lebih nyaman bermain sendiri dibanding berkumpul dengan teman-temannya. jangan dipaksa ketika anak tidak menyukainya. Untuk anak kecil, keinginan berkumpul dengan anak-anak lain adalah dorongan alami, jadi jika ia memilih bermain sendiri, hargai keputusannya. Jika khawatir, Moms bisa memberikan boneka atau memberikan hewan peliharaan untuk menemaninya.

5. Hanya memiliki 1-2 teman saja
Ketika anak introvert memiliki teman, ia pasti hanya memiliki 1-2 teman saja yang paling ia percaya dan membuatnya nyaman. Ia tidak akan berteman dengan mudah dengan banyak anak. Ia akan menunjukkan sikap menarik dan menutup diri.
7 Tanda Anak Akan Tumbuh Berkepribadian Introvert, Kenali Sekarang Moms!
Anak introvert lebih suka menghabiskan waktu sendiri/copyright Shutterstock.com
6. Enggan mencoba hal-hal baru
Kebanyakan anak introvert hanya menjadi penonton ketika teman-temannya mencoba hal-hal baru dan menantang. Ia akan jadi observer dan mengambil pelajaran dari pengalaman temannya. Ia tidak suka mengalaminya sendiri. Ia akan lebih memilih tetap pada situasi yang dikenalnya dan membuatnya merasa nyaman.

7. Kesulitan mengekspresikan emosi
Anak berkepribadian introvert biasanya sulit mengekspresikan emosi diri secara verbal. Ia mungkin mengungkapkannya lewat tulisan, atau memendamnya sendiri. Ketika ia tidak cukup nyaman dengan seseorang, ia tidak akan mengatakan isi hatinya. Di sinilah tugas Moms untuk bisa jadi sahabatnya, seseorang yang ia percaya dan membuatnya nyaman.

Penting sekali mengenali kepribadian anak agar tidak salah bertindak. Dan jika sudah mengenali tandanya seperti ini, kamu bisa mencari cara untuk memaksimalkan minta dan bakatnya ya Moms.

Sumber: Liputan6.com

Belum ada Komentar untuk "7 Tanda Anak Akan Tumbuh Berkepribadian Introvert, Kenali Sekarang Moms!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel