Miliki 89 Inovasi, Wali Kota Salatiga Terima Inagara Award 2018 dari Lembaga Administrasi Negara


SALATIGA - Bertempat di Gedung Makarti Bhakti Nagari Lantai II Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Jalan Pejompongan Jakarta Pusat, Wali Kota Salatiga Yuliyanto secara langsung menerima penghargaan Inagara Award 2018, Selasa (30/10/2018) siang tadi.
Miliki 89 Inovasi, Wali Kota Salatiga Terima Inagara Award 2018 dari Lembaga Administrasi Negara
Suasana penyerahan penghargaan Inagara Award 2018 LAN RI di Jakarta pada Selasa (30/10/2018) siang tadi. sumber gambar: tribunnews.com
Penghargaan yang diterima Yuliyanto itu dinilai karena yang bersangkutan sebagai kepala daerah yang telah mampu menunjukkan komitmennya terhadap inovasi tata kelola pemerintahan serta berdasarkan catatan kinerja organisasi yang telah mencapai tahap design.

Adapun apresiasi inovasi itu secara nasional diberikan kepada 26 kabupaten-kota.

“Alhamdulillah, Kota Salatiga memperoleh penghargaan ini. Inagara Award meruakan penghargaan yang diberikan LAN RI kepada pemerintah daerah (Pemda) yang berpihak serta mendorong terhadap pelayanan publik melalui proyek perubahan berupa inovasi pada perangkat daerahnya,” tutur Yuliyanto, Selasa (30/10/2018).
Yuliyanto menuturkan dalam penerimaan penghargaan itu dirinya didampingi Asisten III Setda Kota Salatiga Y Tri Priyo Nugroho.

Adapun yang menyerahkan secara langsung oleh Kepala LAN RI Adi Suryanto didampingi Deputi Inovasi LAN RI Tri Widodo W Utomo.

“Kami untuk saat ini sudah memiliki sekitar 89 inovasi. Ke depannya tentu akan terus kami tambah. Dalam kesempatan ini pula kami saling sharing bertukar ilmu, pengalaman dengan daerah-daerah lainnya. Dalam apresiasi inovasi ini, ada sekitar 26 daerah yang terima penghargaan tersebut,” tuturnya.

Dia menerangkan, secara umum Inagara Award tersebut sangatlah penting bagi pihaknya karena puluhan inovasi yang telah dimiliki itu nantinya bakal membuat pelayanan publik di Kota Salatiga menjadi lebih baik lagi.

“Ketika semakin banyak inovasi yang dilakukan di tiap atau seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Lingkungan Pemkot Salatiga, tentu akan semakin banyak ruang dimana tujuan utamanya peningkatan pelayanan publik. Dimana dari situ bakal semakin mudah serta lebih transparan,” tandasnya.

Terpisah dalam keterangannya, Kepala LAN RI Adi Suryanto menerangkan, apresiasi itu diberikan secara khusus kepada daerah yang berkomitmen dalam pelaksanaan inovasi di daerah melalui laboratorium inovasi.

“Kami sangat senang karena ada semangat inovasi dari para pemimpin daerah. Ini menunjukkan sebenarnya cukup banyak pula para kepala daerah yang berkomitmen tinggi terhadap inovasi di sektor publik melalui pemberian layanan publik melalui berbagai terobosan barunya,” ucap Adi.

Deputi Inovasi LAN RI Tri Widodo W Utomo juga menegaskan komitmennya untuk tidak pernah berhenti menggelar acara bersifat kompetitif serta apresiatif tersebut. Inagara Award 2018 itu merupakan kegiatan yang keempat.

“Pada 2018 ini, kami telah membimbing sekitar 26 daerah di Indonesia yang telah menerapkan program inovasi dan telah menghasilkan ribuan inovasi. Selain pemberian penghargaan, sekaligus kami gelar forum replikasi inovasi guna membahas potensi serta pengembangan ekonomi lokal di sektor pertanian maupun perikanan. Tadi diikuti sekitar 200 peserta,” bebernya.

Sebagai informasi tambahan, selain Kota Salatiga, daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang juga memperoleh Inagara Award 2018 LAN RI tersebut adalah Kota Solo.

Kota tersebut terdata telah menunjukkan komitmennya terhadap pelayanan publik melalui 137 inovasi yang telah dihasilkan.

Sumber: jateng.tribunnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel