Apple vs Samsung: Mana yang Lebih Bagus dan Sesuai untuk Orang Indonesia?

Perbandingan Samsung VS iPhone dari segi merek, harga, dan perbandingan kualitas HP. Mana yang lebih baik? Simak ulasan selengkapnya

Zaman sekarang ini, kebanyakan orang tidak bisa lepas dari sebuah gadget. Entah itu smartphone atau perangkat lainnya untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Di Indonesia sendiri terdapat 2 perusahaan besar yang memiliki produk premium dengan penjualan yang bersaing, yaitu Apple dan Samsung.

Keduanya saling beradu produk dan memiliki pasar yang juga besar di Indonesia. Jika Apple dan Samsung dibandingkan secara umum, manakah yang menurut kamu lebih baik?


Berikut adalah pendapat serta penjelasan mengenai kedua merek teknologi ini, serta rekomendasi manakah yang lebih baik untuk kamu gunakan.

Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Perbandingan Umum Iphone Vs Samsung

iPhone vs Samsung, jika dilihat dari perkembangan kedua perusahaan teknologi super besar ini, sama-sama memiliki pertumbuhan yang positif.

Bahkan Apple pernah menduduki peringkat pertama di sektor perusahaan paling berharga pada tahun 2018. Bisa jadi Samsung tidak sekaya Apple apabila dilihat dari mata internasional.

Akan tetapi, berbeda kalau bicara pangsa pasar teknologi di Indonesia. Samsung berkuasa dengan menduduki peringkat pertama pada tahun 2018.

Dinukil dari International Data Corporation atau IDC dalam analisis 5 perusahaan ponsel pintar teratas di Indonesia, Samsung berada di peringkat pertama.

Sebaliknya Apple tidak disebutkan dalam analisis ini.

Apple vs Samsung: Mana yang Lebih Bagus dan Sesuai untuk Orang Indonesia?
Sumber foto: IDC

Sebagaimana jika dilihat dari segi pemasaran ponsel pintar internasional, Samsung tetap berada di urutan pertama untuk pangsa pasar teknologi di dunia.

Apple berada di urutan ketiga dengan jumlah ponsel pintar yang dipasarkan di seluruh dunia sejumlah 46,9 juta ponsel.

Hal ini membuktikan secara produktivitas produk teknologinya, Samsung lebih unggul dibanding Apple. Kalian dapat melihat analisis yang juga dibuat oleh IDC pada 2018 di bawah ini.


Apple vs Samsung: Mana yang Lebih Bagus dan Sesuai untuk Orang Indonesia?
Sumber foto: IDC

Kedua merek teknologi ini akan sulit dibandingkan jika ditanya siapa yang lebih baik, tiap perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kalian sendiri yang dapat menilai mana yang lebih baik diantara iPhone vs Samsung. Berikut adalah kesimpulan yang dapat ditarik jika dilihat secara umum.

Samsung Apple
Pangsa pasar ponsel pintar di dunia dan Indonesia tahun 2018 lebih besar Pangsa pasar ponsel pintar di dunia dan Indonesia tahun 2018 lebih kecil
Nilai pasar (market value) sebesar 325,9 miliyar Dollar A.S. Nilai pasar (market value) sebesar 926,9 miliyar Dollar A.S.
Varian perangkat lebih banyak Varian perangkat lebih sedikit
Harga perangkat yang dijual di Indonesia relatif lebih murah (Rentang harga dari Rp1.300.000-an s/d Rp23.999.999-an) Harga perangkat yang dijual di Indonesia relatif lebih mahal(Rentang harga Rp3.799.000-an s/d Rp27.000.000-an

Perangkat Pintar Samsung Vs iPhone

Mari beralih ke perbandingan yang lebih spesifik lagi, apabila dibandingkan dari perangkat pintar Samsung vs iPhone, manakah yang lebih baik?

Simak jawabannya berikut ini.

Smartphone Samsung Vs iPhone

Di lini smartphone, Samsung mempunyai jumlah varian smartphone yang lebih banyak dibandingkan dengan iPhone.

Sementara iPhone memiliki satu jenis smartphone yang terus mempertahankan kualitasnya sejak pertama kali diperkenalkan.

Keduanya sangat bersaing di pasar smartphone kelas flagship, walau tidak bisa dibandingkan dengan adil. Kenapa? Samsung berbasis Android, sedangkan iPhone berbasis iOS.

Berikut adalah smartphone flagship terbaik diantara Samsung vs iPhone, mana yang menurut kamu lebih menarik?

Samsung Galaxy S10
Apple vs Samsung: Mana yang Lebih Bagus dan Sesuai untuk Orang Indonesia?

HP Samsung terbaru adalah Samsung Galaxy S10 yang diluncurkan pada 20 Februari 2019 dan dijual secara bebas sejak 8 Maret 2019.

Seri ini dibagi menjadi 3 model yaitu Samsung Galaxy S10e, Galaxy S10, Galaxy S10+ serta ada varian Galaxy S10 5G yang tidak masuk Indonesia.

Samsung Galaxy S10 ini punya layar Infinity-O yang unik dan membuat penampilan yang lebih segar untuk sebuah HP Android.

Berikut spesifikasi Samsung Galaxy S10 selengkapnya:

Processor: Snapdragon 855

GPU: Adreno 640

RAM: 8 GB RAM

Memory Internal: 128/516 GB

Display: 1440 x 3040 pixels (~526 ppi density)

Back Camera:
Triple:
12 MP, f/1.5-2.4, 26mm (wide), 1/2.55", 1.4 m, Dual Pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6", 1.0 m, AF, OIS, 2x optical zoom
16 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)

Front Camera: 10 MP, f/1.9, Dual Pixel PDAF

Battery: 3400 mAh

Harga: Rp 12.499.000

Untuk varian HP Samsung lainnya, dapat kamu lihat artikel Jaka di Daftar HP Samsung.

Apple iPhone Xs
Apple vs Samsung: Mana yang Lebih Bagus dan Sesuai untuk Orang Indonesia?

Apple iPhone Xs merupakan varian andalan HP iPhone saat ini, dengan model yang premium serta ciri khas notch-nya yang simetris.

HP ini punya layar 5,8 inci dengan kualitas Super Retina HD dengan resolusi Resolusi 2436 x 1125 pixel. Membuat kualitas layarnya sangat detil saat dipandang.

Untuk dapur pacunya didukung oleh prosesor A12 Bionic dengan gabungan kapasitas memori hingga 512Gb. Mencirikan sebuah smartphone premium modern.

Berikut spesifikasi Apple iPhone Xs selengkapnya:

OS Version: iOS 12

CPU: A12 Bionic

RAM: 4GB

Baterai: 2.658mAh

Ukuran Layar: 5.8 inch

Kamera Belakang: 12MP+12MP

Kamera Depan: 7MP

Harga: Rp 20.499.000

Untuk varian iPhone lainnya dapat kamu simak artikel Jaka di Daftar HP iPhone.

Selain dalam segi HP, Samsung dan Apple juga dapat dibandingkan dari segi wearable atau aksesoris pendukung seperti smartwatch.

Smartwatch Samsung Vs iPhone

Selain ponsel pintar, kedua merek ini juga memiliki jam tangan yang punya fitur yang sama-sama canggih. Kedua smartwatch ini punya karakteristik masing-masing.

Jika dibandingkan, tergantung kebutuhan dan gaya kamu akan jam tangan. Samsung vs Apple dalam perangkat smartwatch punya model yang berbeda.

Smartwatch Samsung memiliki model perpaduan klasik dengan sentuhan teknologi, sedangkan pada Apple Watch lebih minimalis dan berbentuk kotak.

Berikut perbandingan antara kedua smartwatch:
Spesifikasi Samsung Galaxy Watch Apple Watch Series 4
Resolusi Layar 360x360 448x368
OS TizenOS 4.0 watchOS 5.0
Chipset Exynos 9110 Apple S4
Memori Internal 4GB 16GB
Baterai Up to 72h Up to 18h
Harga Rp 4.299.000 Rp 8.549.000

Samsung vs iPhone, Mana yang Lebih Cocok untuk Konsumen Indonesia?

Contoh di atas adalah segelintir perangkat yang dimiliki antara keduanya. Kamu dapat melihat lebih lagi dari perangkat Samsung di sini dan Apple di sini.

Perbandingan antara perangkat Samsung vs iPhone mungkin lebih cocok jika dilihat dari harga jualnya. Konsumen Indonesia cenderung lebih suka membeli HP dengan harga di bawah 10 juta Rupiah.

Hal ini didukung dengan pendapatan masyarakat Indonesia yang berada pada kisaran 2,6 jutaan Rupiah per bulan, dikutip dari data BPS per Februari 2018.

Maka, Samsung lah pemenangnya jika dibandingkan dalam segi harga. Tapi, berbeda cerita jika kamu melihat dalam segi kualitas.

iPhone punya kualitas yang lebih baik dibandingkan Samsung, apalagi iPhone memiliki OS yang lebih stabil dan memiliki jangka waktu penggunaan yang lebih lama.

Satu perangkat iPhone minimal bisa dipakai hingga 5-6 tahun mendatang setelah pertama kali diluncurkan. Bahkan di tahun 2019 ini, iPhone 6 masih banyak yang menggunakannya.

OS iPhone juga biasanya akan terus mendapat update hingga 2-3 tahun setelah iPhone tersebut diluncurkan untuk dijual.

Semua kembali lagi ke pendapat kamu, guys. Kebutuhan setiap orang berbeda, sama halnya Samsung vs iPhone dibuat dengan pasar dan kebutuhan yang berbeda.

Akhir Kata

Samsung vs iPhone, merek apapun yang menang tergantung pada diri kamu sendiri, guys. Masing-masing memiliki kelebihan dalam bidang tertentu.

Bagaimana menurut kamu tentang pertandingan dua merek ini? Tuliskan pendapat kamu di kolom koemntar ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber;
jalantikus.com

Belum ada Komentar untuk "Apple vs Samsung: Mana yang Lebih Bagus dan Sesuai untuk Orang Indonesia?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel