Atlet Berprestasi Masih dapat Formasi Khusus di CPNS 2019?

Pemerintah pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 lalu turut membuka sejumlah jalur formasi khusus dengan beberapa kriteria seperti penyandang disabilitas dan atlet berprestasi. Ini guna memberi kesempatan kepada seluruh warga untuk bisa menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).
Atlet Berprestasi Masih dapat Formasi Khusus di CPNS 2019?
Sejumlah atlet saat mengikuti upacara penyerahan SK CPNS di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (2/4). Sebanyak 286 atlet berprestasi menerima SK pengangkatan sebagai CPNS di lingkungan Kemenpora. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada tahun ini, pemerintah kembali membuka perekrutan ASN. Kali ini dalam dua bentuk, yakni Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan seleksi CPNS, dengan total sekitar 250 ribu unit formasi.

Namun, masih adakah kesempatan bagi calon pelamar dengan kriteria tertentu untuk mendapat jatah jalur formasi khusus pada CPNS tahun ini?

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pihaknya belum tahu secara pasti apakah jalur formasi khusus tetap akan dibuka untuk CPNS 2019. Tapi, ia juga mau agar seleksi CPNS nanti bisa diikuti oleh semua pihak.

"Iya, kita harus buka kemungkinan. Ya kan bisa saja tiba-tiba ada atlet yang jadi juara dunia. Itu kan harus kita akomodasi juga," ungkap dia di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, terdapat enam jalur khusus pada seleksi CPNS tahun lalu.

Adapun keenam jalur khusus itu diperuntukkan bagi putra/putri lulusan terbaik berpredikat Cumlaude dari Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri, penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, olahragawan/olahragawati berprestasi internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari eks Tenaga Honorer Kategori-II.

Meski tak menutup kemungkinan, Bima menuturkan, jumlah untuk jalur formasi khusus di CPNS tahun ini tidak akan tersedia banyak seperti pada seleksi di tahun sebelumnya.

"Mungkin tahun ini tidak begitu banyak. Kalau pun ada paling sekitar 1-2-3 orang. Enggak akan sebanyak yang kemarin," tukas dia.

0 Response to "Atlet Berprestasi Masih dapat Formasi Khusus di CPNS 2019?"

Posting Komentar