Cara Mengaktifkan dan Mengatasi Masalah FIle Ads.txt di Blogger

KORANMALAM.COM - Sebagai seorang publisher google Adsense kita wajib mematuhi semua syarat dan ketentuan yang diberikan oleh adsense, salah satunya adalah harus menambahkan file ads.txt ke dalam blog.

File ads.txt ini adalah untuk verifikasi atau menyatakan bahwa blog atau situs yang terpasang kode iklan adsense anda adalah resmi sebagai penayangan Adsense yang anda miliki.

Iklan yang merupakan hal terpenting bagi penghasilan seorang blogger tentu saja harus optimal dan saling menguntungkan antara publisher dan pengiklannya, dari berbagai aspek yang dibutuhkan google adsense memberikan ketentuan harus mengaktifkan ads.txt kostum ini di dalam blog yang menayangkan iklan.

Cara mengaktifkan ads.txt kostum di blogspot

Kapan kita harus mengaktifkan file ads.txt ke dalam blog yang ditayangi oleh iklan adsense? Biasanya pihak adsense akan memberikan kita pemberitahuan berupa notifikasi di bagian paling atas dasbord adsense anda berupa perintah untuk menambahkan ads.txt ke dalam blog yang dikaitkan dengan akun adsense tersebut. Untuk mengaktifkan ads.txt blogspot atau blogger tahapan yang harus anda lakukan adalah:
1. Masuk ke akun blogger anda
2. Di menu sebelah kiri blogger pilih setting/setelan
3. Pilih preferensi penelusuran skrol ke bawah terdapat pilihan Monetisasi - ads.txt kostum?. Jika masih di non aktifkan klik edit - aktifkan ads.txt kustom? pilih ya.
Cara Mengaktifkan dan Mengatasi Masalah FIle Ads.txt di Blogger

4. Masukkan kode berikut ini ke dalam kotak ads.txt blogger
google.com, pub-0000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

  • Ganti kode pub-0000000000000 dengan ID penayangan anda. Untuk melihat ID penayangan anda, masuk ke akun adsense yang dikaitkan dengan blog tersebut, dan ID penayangan anda bisa dilihat dari URL akun adsense anda.
Cara Mengaktifkan dan Mengatasi Masalah FIle Ads.txt di Blogger
5. Klik simpan perubahan dan tunggu beberapa hari sampai pemberitahuan file ads.txt hilang dari dasbord adsense yang kamu miliki.
Fungsi Ads.txt
FIle ads.txt ini berfungsi untuk melindungi penerbit dari penipuan dan virus karena anda hanya akan mengotosisasi jaringan iklan tersebut untuk menampilkan iklan di situs web yang anda ketahui dan karenanya skrip malware yang menampilkan iklan di blog anda tanpa izin anda dari sumber yang tidak dikenal. Dan tentu saja untuk menambah kepercayaan kepada blog yang berotoritas bukan dari blog spam.

Akibat Tidak Memasang File Ads.txt
Sebagai salah satu ketentuan dari adsense tentunya bagi blog yang ditayangi iklan adsense namun tidak atau belum mengaktifkan file ads.txt di dalam pengaturan blognya ada dampak yang akan terjadi.
  • Iklan adsense tidak tayang di blog anda.
  • Penghasilan adsense dari blog yang tidak menambahkan file ads.txt bisa hangus atau hilang.
Solusi Mengatasi Masalah ads.txt
Terkadang meskipun kita sudah menambahkan file ads.txt ke blogger anda, namun pihak adsense belum mengkonfirmasi bahawa file ads.txt sudah valid atau terbaca oleh google, dan ada juga kasus yang awalnya file ads.txt sudah dikonfirmasi oleh pihak google adsense namun selang waktu lama kita disuruh untuk menambahkannya kembali padahal ads.txt kustom masih tetap aktif, tenang saja ada cara untuk mengatasinya.

Pertama dengan mengecek file ads.tx anda bisa di crawl atau terbaca oleh robot google, dengan cara buka browser, masukan domain atau URL blog anda dengan menambahkan /ads.txt
contoh: https://koranmalam.com/ads.txt
  • Jika di browser sudah muncul kode ads.txt dengan ID penayangan adsense anda, maka tinggal tunggu 2-3 hari file ads.txt adsense anda kembali normal.
Cara Mengaktifkan dan Mengatasi Masalah FIle Ads.txt di Blogger
  • Namun Jika eror, coba cek pengaturan robot.txt blogger anda, saya sarankan jangan mengubah setelan bawaan dari blogspot, tujuannya, agar file ads.txt anda dapat dilihat atau dicrawl oleh robot Google.
Terima kasih sudah membaca artikel pembahasan mengenai cara mengaktifkan ads.txt dan mengatasi masalah ads.txt di dalam blogger atau blogger di atas, semoga bagi anda yang mengalami kesulitan sebelumnya dapat terbantu.

0 Response to "Cara Mengaktifkan dan Mengatasi Masalah FIle Ads.txt di Blogger"

Posting Komentar