RSPAW Salatiga Tangani WNA Pasien dalam Pengawasan Corona

Seorang warga negara asing yang berada di Salatiga masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Covid-19 atau Corona.
RSPAW Salatiga Tangani WNA Pasien dalam Pengawasan Corona
Wali Kota Salatiga Yulianto (Source: Kompas.com/Dian Ade Permana)

Diketahui, pasien tersebut baru saja melaksanakan wisata bersama dengan keluarganya ke Bali. 

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan pasien tersebut saat ini sudah dalam penanganan di Rumah Sakit Paru Dr Ario Wirawan (RSPAW).

"Sesuai dengan SK Menteri Kesehatan, saat ini RSPAW menjadi salah satu rujukan untuk menangani kasus virus corona," jelasnya di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Jumat (13/3/2020).

Menurut Yuliyanto, wisata tersebut diikuti 25 orang.

"Saat ini, petugas kesehatan dari Puskesmas sudah bergerak untuk memeriksa kondisi semua peserta wisata. Sekolah yang bersangkutan juga diliburkan," katanya. 

Dikatakan, awalnya petugas Dinas Kesehatan Kota Salatiga berencana melibatkan Satpol PP dan kepolisian jika keluarga pasien menolak dilakukan isolasi.

Namun setelah dilakukan komunikasi, akhirnya bersedia dilakukan isolasi dengan membuat pernyataan. 

"Saya perintahkan Dinas Kesehatan Kota Salatiga untuk berkoordinasi dengan unsur terkait termasuk kepolisian dan Satpol PP untuk mengedukasi warga yg terindikasi Covid-19 untuk mengikuti standar pelayanan dalam penanganan," ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta Dinas Pendidikan Kota Salatiga untuk melakukan langkah antisipasi dengan melakukan edukasi terkait antisipasi penularan virus tersebut.

"Yang terpenting adalah harus mengutamakan keselamatan warga. Kita segera koordinasi dengan unsur terkait. Untuk seluruh warga Salatiga, tetap tenang dan waspada, tidak perlu panik dan dalam kerangka kehati-hatian. Komunikasi dengan tenaga medis segera," kata Yuliyanto. 

Sumber: kompas.com (kunjungi artikel asli)

0 Response to "RSPAW Salatiga Tangani WNA Pasien dalam Pengawasan Corona"

Posting Komentar