5 Cara jitu menambah view YouTube

YouTuber menjadi salah satu profesi favorit saat ini karena di samping dapat meraih popularitas kamu juga bisa mendapatkan uang melalui YouTube. 

Namun, keberhasilan seorang YouTuber itu tergantung kepada view atau tampilan tayangan YouTube. Semakin banyak penonton yang melihat video kamu, maka semakin besar kemungkinan kamu menghasilkan uang dari YouTube. 


Berikut ini adalah beberapa cara menambah view YouTube yang efektif dan bisa kamu lakukan. Agar paham, baca semua ulasannya di bawah ini ya. 

1. Cara menambah view YouTube dengan memperhatikan thumbnail YouTube 

5 Cara jitu menambah view YouTube
Thumbnail YouTube mempengaruhi view tayangan 


Kamu mungkin sering melihat YouTuber yang menggunakan thumbnail besar disertai dengan judul yang mencolok pada video mereka. 

Pada dasarnya fungsi thumbnail memang seperti baliho yang bisa memancing user untuk menonton video kamu. 

Tapi ingat, sebaiknya penggunaan thumbnail ini jangan berlebihan atau hanya menjadi bagian dari clickbait saja. Thumbnail yang baik adalah thumbnail yang mewakili isi di dalam video, bukan thumbnail yang sensasional. 

Salah satu trik membuat thumbnail yang menarik yakni dengan memadukan kombinasi empat warna mulai dari biru, hijau, orange dan kuning. 

Sebab, bila thumbnail menggunakan kombinasi warna lain seperti putih, merah atau hitam maka warna thumbnail kamu akan serupa dengan tampilan beranda YouTube dan tidak mencolok.

Kamu tetap boleh menggunakan warna hitam atau merah, namun ada baiknya tidak menjadikan warna itu sebagai warna thumbnail utama. 

Baca juga: Intip Algoritma Youtube 2020 dan cara mengotimalkan kanalmu

2. Buat judul video yang menarik

5 Cara jitu menambah view YouTube
Video yang memiliki panjang judul 40 - 50 karakter berpotensi mengalami peringkat yang baik

Cara menambah view YouTube selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mampu membuat judul video yang menarik. Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu saat membuat judul, di antaranya: 

  • Gunakan judul yang memiliki panjang antara 40- 50 karakter. Judul dengan panjang seperti ini memiliki peringkat terbaik di YouTube
  • Masukkan unsur tanda kurung [ ] sebab, menurut penelitian Hubspot menyebutkan bahwa video yang memiliki tanda kurung dalam judulnya mampu mendatangkan 33 persen klik dari user
  • Masukkan angka dalam judul, misalnya yang menunjukkan tahun  atau daftar cara melakukan sesuatu. Dengan kehadiran angka tersebut bisa menarik orang untuk mengklik video

3. Gunakan rumus tertentu untuk membuat tag video

5 Cara jitu menambah view YouTube
Tagging dalam video juga dapat menjadi cara menambah view YouTube 

Selain memperhatikan dua hal di atas, view video juga tergantung pada penggunaan tag yang benar dalam video. 

Tag video akan membantu kamu dalam menarapkan strategi SEO YouTube. Di samping itu, tag video juga memiliki hubungan yang erat dengan peringkat video di YouTube. 

Salah satu upaya yang bisa kamu praktikkan untuk membuat tag video yang tepat yakni dengan mengaplikasikan keyword MVC yang merupakan singkatan dari “Main Keyword, Variation and Category”. 

Maksud dari MVC adalah kamu harus mencantumkan keyword tag video utama, lalu menambahkan keyword variasi yang berasal dari tag utama tersebut dan kategori tambahan. 

Contoh, keyword tag utama video adalah tentang link building, maka keyword tag variasinya bisa kamu tambahkan dengan backlinks, seo backlinks, dan seo link building. 

Sementara keyword kategorinya, cukup menambahkan tag digital marketing, seo atau online marketing. Dengan begitu SEO YouTube akan mudah mengidentifikasi jenis video yang kamu buat. 

Baca juga: 8 Digital marketing tools yang wajib untuk kamu tahu!

4. Bagikan video di forum-forum

5 Cara jitu menambah view YouTube
Bagikan video ke forum-forum lain contohnya ke kanal Quora atau Reddit atau Facebook

Beberapa diskusi tanya jawab di berbagai macam kanal bisa membantu untuk menaikkan view YouTube. 

Kamu bisa menautkan link dari YouTube kamu melalui forum-forum grup Facebook atau menjawab berbagai macam pertanyaan yang ada di kanal Reddit, Quora atau forum lainnya. 

Bila tidak ada pertanyaan terkait video yang kamu buat, kamu bisa membuat thread pertanyaan sendiri lalu menuliskan artikel atau captionnya dengan menautkan link channel YouTube kamu. 

Lakukan ini secara konsisten dan kamu akan melihat hasil yang cukup baik dalam kenaikan view YouTube. 

5. Buat transkrip video

5 Cara jitu menambah view YouTube
Transkrip video dapat mempermudah orang yang memiliki gangguan pendengaran untuk menonton videomu


Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara menambah view YouTube yakni dengan menyematkan transkrip dalam video. 

Perlu kamu tahu bahwa transkrip ini akan membantu kamu dalam menaikkan peringkat video di mesin pencarian Google juga. Sebab tidak semua video yang ada di peringkat #1 YouTube merupakan video yang direkomendasikan di peringkat #1 Google. 

Nah untuk membantu google melakukan pelacakan SEO terhadap videomu yang perlu dilakukan yaitu dengan menaruh keyword di transkrip video dan menyebutkan keyword tersebut di dalam konten video sebanyak 4 kali.

Transkrip video juga akan membantu memperluas jangkauan lantaran kini pengguna YouTube berasal dari berbagai latar belakang.  Orang-orang yang memiliki gangguan pendengaran dapat mampu memahami videomu lewat transkrip yang kamu buat. 

Baca juga: Mudah, ini 5 cara membuat Youtube channel dan tips lainnya

Itulah lima cara menambah view YouTube yang efektif dan bisa kamu coba praktikkan. 

Tentunya upaya-upaya ini harus dilakukan dengan konsisten dan diiringi berbagai macam pengoptimalan upaya lainnya seperti memperbaiki deskripsi video, menjawab setiap komentar, mengikuti topik yang sedang viral dan lain-lain. 

Dengan begitu, kamu bisa melihat perubahan signifikan pada view YouTube kamu. Selamat mencoba. 

Sumber: 

Belum ada Komentar untuk "5 Cara jitu menambah view YouTube"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel