6 Kesalahan SEO yang harus kamu hindari

Search Engine Optimization atau SEO memainkan peran besar untuk mendongkrak traffic situs. Tiga situs teratas Google hampir 58.4 persennya bahkan berasal dari pencarian organik user

Ini menunjukan bila peran SEO cukup besar dalam membantu menaikkan peringkat situs di mesin pencari. Sayangnya upaya ini tidaklah mudah. Diperlukan konten yang bagus serta menghindari berbagai macam kesalahan SEO yang umum terjadi. 

Kira-kira jenis kesalahan SEO apa saja yang sebaiknya dihindari? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Hindari menggunakan keyword stuffing 

6 Kesalahan SEO yang harus kamu hindari
Bila praktik ini terus kamu lakukan, maka Google akan mendeteksi situsmu dan membuat peringkat situs menjadi semakin turun. 

Keyword stuffing menurut Google adalah tindakan memanipulasi peringkat situs dalam hasil pencarian dengan cara menggunakan keyword yang berlebihan di halaman situs. 

Google tidak menyukai praktik yang juga dinamakan dengan blackhat SEO ini. Contoh dari keyword stuffing adalah: 

  • Memuat kata kunci di tiap halaman dan mencoba menipu bot agar peringkat situs naik 
  • Mencari kata kunci di mesin pencari, namun ketika mengklik situs tersebut kata kunci yang dimaksud tidak ada dan tidak relevan dengan yang diinginkan pengguna
  • Memasukkan kata kunci yang sama berulang kali, misalnya: “Jika kamu mencari tas laptop terbaik, tidak perlu mencari lagi. Merek dari kami menawarkan tas laptop terbaik yang kamu inginkan untuk bisnis atau liburan. Tas laptop terbaik ini memiliki fungsi yang dapat mengisi daya dan menjadi pilihan tas laptop terbaik untuk perjalanan bisnis atau sekolah”.

Pada contoh ketiga, terlihat kata kunci tas laptop terbaik muncul sebanyak 4 kali sehingga mengakibatkan keyword density (kepadatan keyword) berlebihan. Memang tidak ada aturan pasti harus berapa kali kata kunci muncul, namun menurut Alexa sebaiknya keyword density itu tidak lebih dari 2 persen dalam satu artikel. 

Sedangkan contoh di atas, terdapat 45 kata dan 4 keyword  memiliki persentase sekitar 11.25 persen. Adapun Rumus untuk menghitung keyword density ini adalah 

Keyword density = jumlah kata dalam salinan : jumlah keyword muncul 

2. Tidak memperhatikan SEO On site

SEO on site sering kali disebut juga dengan SEO on page. Praktek ini mengacu pada kegiatan untuk mengoptimalkan halaman web supaya bisa meningkatkan peringkat di mesin pencarian dan mendapatkan traffic organik.

Ada berbagai macam komponen dalam SEO on site yang harus dioptimalkan seperti mengoptimalkan headline, tag HTML (judul, meta dan header) dan gambar. 

Optimalisasi ini dilakukan agar mesin pencari mudah melakukan crawl pada situs untuk memahami konten dan struktur yang dimaksud. 

Perhatikan pula bahwa tittle tag sebaiknya tidak boleh lebih dari 60 karakter dan meta description tidak boleh lebih dari 156 karakter.

3. Tidak memperhatikan SEO Teknis

6 Kesalahan SEO yang harus kamu hindari
Banyak orang tidak memerhatikan kecepatan situs saat dibuka padahal itu bisa meningkatkan traffic situs

SEO teknis memiliki maksud terkait pekerjaan yang berkaitan dengan situs web itu sendiri, kecuali konten. 

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk dapat memberikan pengalaman terbaik bagi user saat membuka situs. Beberapa bagian SEO teknis yang harus diperhatikan di antaranya: 

Kecepatan situs

Situs yang cepat memuat memiliki indikator sebagai situs yang bagus di hadapan Google dan mudah dirayapi. Pengguna juga pasti menyukai laman situs yang cepat dimuat ketimbang situs yang lambat saat diakses. 

Kamu bisa mengecek kecepatan situsmu menggunakan Google Pagespeed Insight. Nantinya Google akan memberikan nilai pemuatan halaman di desktop dan mobile terhadap situsmu. 

Beberapa cara meningkatkan kecepatan situs yakni dengan: 

  • Membatasi komponen situs web
  • Mengoptimalkan visual 
  • Mengurangi pengalihan dari situs web lain 
  • Membuat template yang minimalis

Crawlability dan indeks

Crawlability berhubungan dengan kemampuan dan keefektifan mesin pencari untuk mengakses dan menelusuri halaman-halaman di situs sebelum menambahkan ke database yang disebut indeks.

Indeks ini akan terus diperbaharui manakala crawler menjelajahi situs dan menemukan versi yang baru atau yang direvisi. Ini dilakukan karenan nantinya Google akan mengindeks halaman situs sebelum muncul di mesin pencari. 

Oleh karena itu kamu harus memastikan bahwa situs sudah diindeks oleh Google. 

4. Tidak mobile friendly


6 Kesalahan SEO yang harus kamu hindari
Kesalahan SEO lainnya yakni memberikan tampilan situs yang tidak mobile friendly

Kesalahan SEO lainnya yang terlupakan adalah dengan tidak memberikan tampilan situs yang mobile friendly. 

Tahukah kamu bahwa, baromater Konsumen Google mengindentifikasi bila negara Asia mendominasi dalam hal penggunaan smartphone.

Oleh sebab itu saat membuat situs sebaiknya pengembang atau pakar SEO untuk memperhatikan bahwa situs mereka ramah terhadap pengguna selular. 

Situs yang ramah selular memiliki beberapa kriteria seperti membuka halaman situs dengan cepat, lokalisasi dan desain yang responsif serta navigasi yang mudah, dengan begitu kamu tidak akan kehilangan traffic dari segmen user telepon genggam.


5. Berharap hasil yang cepat dari SEO

6 Kesalahan SEO yang harus kamu hindari
Jangan berharap pada SEO agar bisa cepat mendongkrak situsmu karena itu tidak mungkin

Kesalahan SEO lainnya yang perlu diperhatikan yakni, berharap hasil yang instan dengan menjalankan sistem SEO ini.

Pasalnya dengan melakukan upaya SEO, setidaknya memerlukan waktu 4 hingga 6 bulan untuk meningkatkan traffic melalui SEO organik. Terkecuali bila kamu menggunakan SEO berbayar seperti iklan di Google atau media sosial lainnya. 

Untuk membuat kontenmu jadi bagian terbaik di mesin pencarian, diperlukan konsistensi untuk membuat konten yang bagus dan relevan disertai KPI yang cermat. Ingat, bahwa SEO adalah bagian dari investasi jangka panjang yang bukan bisa dapatkan dalam waktu yang sebentar.

6. Tidak mengoptimalkan pencarian lokal dengan baik
Tidak berfokus pada pencarian lokal merupakan kesalahan SEO yang perlu kamu perhatikan

Jika fokus bisnis perusahaanmu adalah pelanggan di suatu wilayah tertentu, kamu perlu memerhatikan dengan baik bahasa yang digunakan dan apa yang penduduk lokal banyak cari di internet. 

Pasalnya, sebagian besar mesin pencarian seperti Google akan lebih mengutamakan hasil pencarian yang sesuai dengan minat lokal. 

Jadi, mulailah dengan memasukan keyword yang sesuai baik pada judul, maupun meta description situs kamu. Jangan lupa juga untuk mencantumkannya pada bagian header atau footer, berserta dengan alamat dan nomor telepon lokal perusahaanmu. 

Selain memahami kesalahan SEO yang umum terjadi, kamu juga bisa menyimak penjelasan  mengenai tips menghindari kesalahan SEO di bawah ini.


Dengan menghindari kesalahan SEO di atas, diharapkan kamu bisa meningkatkan traffic situs perusahaanmu sehingga hingga bisa muncul di mesin pencari.

Tentunya upaya ini harus kamu lakukan dengan konsisten ya, sebab membangun SEO yang bagus itu tidak mudah.

Belum ada Komentar untuk "6 Kesalahan SEO yang harus kamu hindari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel