Goa Awal Awil dan Punthuk Golong Bisa Jadi Tempat Wisata Unggulan di Banjarnegara

BANJARNEGARA – Kabupaten Banjarnegara memiliki berbagai macam potensi alam yang begitu indah salah satunya berada di  Desa Karanganyar, Kecamatan Purwanegara, Kabupatern Banjarnegara. Destinasi wisata tersebut bernama Goa Awal Awil dan Punthuk Golong. Akses jalan antar dusun yang cukup bagus membuatnya layak untuk dikunjungi

 

Sumber Video

Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani singkong. Jumat lalu 21 Agustus 2020 kami diajak oleh Mahmudin Kepala Desa Karanganyar, ke lokasi bukit yang dikenal dengan Bukit Punthuk Golong. Di sekitarnya terhampar areal hamparan perkebunan singkong yang luas dan baru dipanen petani, nampak membentang luas. Di sampingnya terdapat kebun jerus nipis dan tanaman palawija. 

Rumah warga Desa Karanganyar, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, sangat unik. Posisinya membelah bukit yang bisa digunakan sebagai basecamp wisatawan yang akan menuju Bukit Punthuk Golong dan Goa Awal Awil. (Dimas - aa) Sumber Foto

Mahmudin Kepala Desa Karanganyar terpilih pada pemilihan kepala desa tahun 2019 lalu ini sudah membuat konsep wisata dalam visi misinya sebagai kepala desa, salah satunya adalah Bukit Punthuk Golong.

Goa Awal Awil dan Punthuk Golong Bisa Jadi Tempat Wisata Unggulan di Banjarnegara
Sumber Foto

Dia sudah mulai berkomunikasi dengan warganya. Sebab, lahan di sekitar Punthuk Golong milik warga masyarakat.

”Alhamdulillah akses jalan ke bukit ini sudah lumayan bagus. Cor rabat beton biar awet. Tahun ini juga nyambung lagi untuk pembangunannya. Listrik dan sinyal handphone juag sudah sampai lokasi Punthuk Golong. Malah sinyal HP bisa 4G, padahal di atas bukit,” kata Mahmudin.

Goa Awal Awil

Mahmudin menambahkan, di alam satu kawasan bukit itu terdapat Goa Awal Awil. Kondisi goa masih sangat natural dan dikeramatkan oleh warga sekitar.

Goa Awal Awil dan Punthuk Golong Bisa Jadi Tempat Wisata Unggulan di Banjarnegara
Jalan menuju Bukit Punthuk Golong Banjarnegara masih berujud jalan setapak dan mengasyikan bagi wisatawan pecinta alam. (Dimas – aa) Sumber Foto

Konon ceritanya, goa tersebut sebagai pintu tembus yang digunakan oleh pendekar yang melintas dan nyepi di lokasi tersebut. Kami belum sempat bertemu dengan juru kunci Goa Awal Awil Desa Karanganyar Kecamatan Purwanegara. Jika bertemu akan dikupas pada sesion selanjutnya.

Goa Awal Awil dan Punthuk Golong Bisa Jadi Tempat Wisata Unggulan di Banjarnegara
Pemandangan alam ke Bukit Punthuk Golong Banjarnegara masih perawan, belum banyak polusi dan mengasyikan. (Dimas – aa) Sumber Foto

”Dalam satu kawasan ini sudah sangat bagus potensi alamnya dan masyarakatnyapun sudah merespons positif. Ke depan akan kami buat camping ground, dengan berbagai fasilitas tradisional ala kampung, bisa untuk ngadem pengunjung.”

Sumber: https://smol.id/ (kunjungi artikel asli)

Belum ada Komentar untuk "Goa Awal Awil dan Punthuk Golong Bisa Jadi Tempat Wisata Unggulan di Banjarnegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel