Ternyata begini, cara membuat adsense youtube secara efektif

YouTube sekarang bukan hanya sebatas media untuk menonton dan mengunggah video. Seiring berkembangnya potensi media digital, platform ini dapat menjadi sumber penghasilan pasif jika kamu mengetahui cara membuat AdSense YouTube.


Cara membuatnya relatif mudah. Kamu hanya perlu memiliki akun Google dan channel YouTube yang aktif. Sebelum membuatnya, simak dulu tips berikut agar AdSense YouTube yang kamu buat menjadi lebih efektif.

Tips membuat AdSense YouTube yang efektif

Ternyata begini, cara membuat adsense youtube secara efektif
Tingkatkan kualitas video agar kamu dapat memperoleh adsense dari YouTube

Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu pahami sebelum membuat AdSense YouTube:

1. Mempersiapkan konten yang hendak dibuat

Adsense YouTube hanya efektif bila digunakan pada akun-akun dengan konten yang berkualitas dan konsisten. Target branding yang kamu sasar juga harus sesuai agar akunmu semakin mudah dikenal.

Jadi, fokuslah terlebih dulu dengan akun yang akan kamu buat. Utamakan faktor-faktor berikut:

  • Kualitas video. Pastikan video buatanmu memiliki resolusi besar, tidak blur, memiliki pencahayaan yang sesuai, dan tidak bergoyang. Gunakan mikrofon untuk memperjelas suaramu dalam video.
  • Tentukan target branding. Pikirkan baik-baik mengenai tema besar yang kamu bawakan dan tujuan yang hendak kamu raih dari konten-kontenmu. 
  • Konsistensi. Siapa pun yang memiliki akun YouTube tentu harus siap untuk mengunggah konten secara rutin. Jadwalnya dapat disesuaikan dengan kesibukan, asalkan kamu tetap konsisten.


2. Membuat konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas adalah konten yang memiliki kegunaan dan mampu menggerakkan audiens. Apa pun tema yang dibawakan, sebuah konten dapat dikatakan berkualitas ketika orang yang menontonnya mendapatkan manfaat.

Jika audiens merasa mendapatkan manfaat, besar kemungkinan mereka akan menonton videomu hingga selesai. Hal ini amat penting, sebab video yang ditonton hingga selesai akan memberikan keuntungan lebih besar.

3. Memeriksa analitik akun

YouTube menyediakan fitur analitik pada menu ‘Channel’. Dari sinilah kamu bisa melihat gambaran usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan durasi tontonan rata-rata. Kamu juga bisa melihat jumlah view tiap video dan sumber traffic-nya.

Fitur analitik sangat berguna untuk menyesuaikan jenis kontenmu dengan minat audiens. Bila konten yang kamu buat tidak menarik banyak penonton, kamu perlu membuat perubahan untuk mengembangkan channel-mu.

4. Sabar dan konsisten

Membuat konten YouTube yang menghasilkan uang tidaklah mudah. Kamu tentu akan menghabiskan banyak waktu, energi, dan sumber daya. Konten-konten pertama yang kamu buat mungkin juga tidak akan memberikan hasil yang besar.

Kuncinya adalah sabar dan konsisten. Bersabarlah dalam memantau pertumbuhan akun dan mencari strategi baru. Selain itu, tetaplah konsisten dalam menghasilkan dan mengunggah konten berkualitas sesuai jadwal.

5. Promosi dengan media sosial

Media sosial bisa menjadi sarana promosi yang menjanjikan. Buatlah akun bisnis yang terhubung dengan channel YouTube kamu, baik dalam Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, atau platform lain yang digandrungi masyarakat saat ini.

Kemudian, bagikan link kontenmu dalam berbagai platform tersebut. Selain membagikannya secara langsung, kamu juga dapat memasukkan link ke dalam tulisan yang dimuat pada media sosial.


Langkah-langkah membuat AdSense YouTube

Ternyata begini, cara membuat adsense youtube secara efektif
Setelah memahami tips membuat AdSense YouTube, pahami juga langkah-langkah membuatnya di sini 

Setelah memahami berbagai tips membuat AdSense YouTube, kini kamu bisa menerapkannya secara langsung. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:
  1. Sign in ke akun YouTube, lalu buka menu pengaturan.
  2. Klik menu ‘Overview’, lalu klik ‘View additional features’.
  3. Pada menu tersebut, temukan ‘Monetization’. Klik ‘Enable monetization’, lalu kamu akan dialihkan ke laman ‘Monetization’ pada pengaturan akunmu.
  4. Bacalah dengan cermat seluruh syarat dan ketentuan, lalu klik ‘I accept’. Kamu akan menerima email dari YouTube untuk mengoonfirmasi AdSense.
  5. Setelah mengonfirmasi email, bukalah laman ‘Account Monetization’. Kamu bisa melihat status akunmu dari sini.
  6. Klik bagian ‘Guidelines and Information’ pada laman tersebut, lalu klik ‘How will I get paid?’ dalam bagian FAQ.
  7. Klik ‘Associate an AdSense account’ pada jawaban yang tertera, lalu klik ‘Next’ pada bagian bawah layar.
  8. Klik ‘Sign in’ untuk masuk dengan akun YouTube kamu. Jika kamu ingin menggunakan akun lain, klik ‘Use a different or new Google Account’.
  9. Tuliskan deskripsi kontenmu pada kolom yang tersedia.
  10. Masukkan semua informasi yang diperlukan, dari negara, zona waktu, tipe akun, nama penerima, alamat, nomor telepon, dan preferensi email. Klik ‘Submit my application’.
  11. Google akan mengirimkan email konfirmasi dalam waktu kurang dari 24 jam. Setelah dikonfirmasi, akun YouTube kamu akan terhubung dengan AdSense. Semakin banyak orang menggunakan YouTube untuk mempromosikan brand dan mengembangkan audiens. Di antara platform lainnya, YouTube memang merupakan wadah yang tepat bagi mereka yang berminat menjadi Content Creator.
Kamu pun bisa melakukan hal yang sama untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Optimalkan konten yang kamu buat dengan menjadi seorang Content Creator yang kreatif, sabar, dan konsisten.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata begini, cara membuat adsense youtube secara efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel