Yakin isi email Anda aman?

Anda pasti pernah membuat email untuk berkirim pesan penting, bukan? Akan tetapi, apakah Anda yakin email yang Anda buat tidak dibaca pihak lain? Belum lama ini, Google dikabarkan mengizinkan pihak ketiga, untuk membaca isi email pengguna layanan Gmail mereka. Berikut ini ulasannya untuk Anda! 


Email terbaca publik 

Publik yang dimaksud adalah karyawan di berbagai perusahaan pengembang di luar Google. Ternyata, banyak staf dari berbagai perusahaan teknologi mendapat akses ke berbagai email pengguna Gmail. Perusahaan-perusahaan tadi mempergunakan algoritme khusus, untuk mengakses email pengguna, dan mendapat keyword penting. Beberapa perusahaan bahkan mengizinkan karyawannya, untuk memeriksa keyword yang telah didapat. 

Return Path dan Edison Software

Ada dua perusahaan yang diduga mempraktikkan akses email ilegal semacam ini. Perusahaan yang pertama adalah Return Path. Perusahaan ini menyediakan aplikasi untuk menganalisis pesan di kotak masuk pengguna Gmail, yang telah mendaftarkan diri ke salah satu aplikasi partner mereka. Return Path telah membaca sekitar 8000 email untuk melatih aplikasi mereka tersebut. 

Perusahaan kedua yang melakukan praktik ilegal serupa adalah Edison Software. Perusahaan ini telah menciptakan aplikasi bernama Edison Mail untuk iOS. Kabarnya, karyawan mereka diizinkan untuk membaca ribuan email, guna melatih fitur “smart reply” dalam aplikasi tersebut.  

Klarifikasi pembaca email tak jelas 

Berbagai aplikasi semacam itu memang, terkadang, meminta izin dari pengguna sebelum mengakses email mereka. Kendati demikian, banyak juga aplikasi yang tak menjelaskan secara transparan, bahwa pembaca email pengguna adalah manusia, bukan hanya mesin. Namun, pembuat aplikasi yang melakukan praktik ilegal ini berdalih, hal yang mereka perbuat telah tercantum dalam user agreements.  

Google jadi penyedia data 

Selain itu, Google juga menyatakan memang menyediakan data bagi pengembang pihak ketiga. Tentu saja pengembang pihak ketiga ini adalah mereka yang sudah diverifikasi, dan diizinkan oleh pengguna untuk mengakses email mereka sebelumnya. Untuk dapat melihat, serta mengatur pihak ketiga mana yang dapat mengakses email Anda, lakukan login di halaman My Account. 

Apakah masih yakin email Anda aman? Berhati-hatilah untuk membagikan data konfidensial lewat email ya!

Sumber:

Artikel Asli

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel