Penjelasan Pemprov DKI tentang Soal Ujian 'Anies Diejek Mega'

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta memberikan penjelasan terkait soal ujian sekolah yang menyebut nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Pemprov DKI menyebut pihaknya telah menegur guru yang membuat soal 'Anies diejek Mega' tersebut.

Gedung Balai Kota DKI Jakarta (Ari Saputra/detikcom)

Kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menerangkan pihaknya telah melakukan penelusuran dan konfirmasi kepada kepala sekolah dan guru yang membuat soal ujian tersebut. Dia tidak mengungkap sekolah yang dimaksud, juga identitas kepala sekolah dan guru yang terkait.

Menurut pengakuan mereka, soal tersebut dibuat karena terdapat unsur kompetensi pada mata pelajaran mengenai pembentukan karakter, integritas, sabar, dan tanggung jawab. Pengakuan kepala sekolah dan guru, redaksionalnya memang memiliki kesamaan nama tapi tidak ada maksud mendukung maupun mencemarkan nama baik pejabat publik.

"Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu dan telah mengarahkan guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi," kata Nahdiana melalui rilis di situs PPID DKI Jakarta, Sabtu (12/12/2020).

Nahdiana menyebut Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada para ASN, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, untuk tetap menjaga netralitas ASN. Dia mengatakan soal itu berpotensi melanggar netralitas ASN.

"Karena hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, soal ujian yang memuat konten nama Anies Baswedan dan Mega tersebut beredar dan ramai dibahas di media sosial Twitter hingga grup WhatsApp masyarakat. Terlihat ada dua soal ujian dengan jawaban pilihan ganda.

Kedua soal tersebut mengandung nama-nama pejabat politik, salah satunya Anies. Salah satu soal bahkan menyinggung nama Mega yang disebut selalu mengejek Anies.

Pada jawaban kedua soal tersebut digambarkan Anies sebagai sosok yang 'amanah' dan 'sabar'. Meski demikian, belum jelas soal tersebut dibuat oleh pihak sekolah atau bukan. Terlihat foto itu merupakan potret dari layar monitor komputer jinjing yang menampilkan soal pilihan ganda.

Sumber: detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel