Ini Deretan 40 Indonesia Top Bank

Momentum pertumbuhan ekonomi yang membaik pada kuartal II tahun 2021 harus bersama-sama dijaga. Kebijakan gas-rem yang dilakukan oleh pemerintah telah memberikan dampak pada perekonomian nasional.

Ilustrasi bank.

Dalam kondisi seperti ini, peran sektor perbankan sangat penting dalam variabel-variabel perekonomian, baik konsumsi, investasi hingga ekspor dan impor.

Peran perbankan untuk menjaga momentum perekonomian sangat penting. Oleh karena itu, sektor perbankan harus senantiasa menjaga kesehatan keuangan perbankan di masa-masa yang saat menantang saat ini.

Untuk mendorong optimisme perbankan menghadapi tantangan bisnis di masa-masa sekarang, The Iconomics memberikan apresiasi kepada bank-bank terbaik pada masing-masing kelompoknya. 

Melalui penghargaan Indonesia Top 40 Bank Award 2021, yang merupakan penghargaan tahun kedua memberikan apresiasi kepada bank-bank terbaik di Indonesia dalam beradaptasi menghadapi perubahan yang terjadi secara global maupun perubahan regulasi di Indonesia.

Apresiasi ini diberikan kepada bank-bank di Indonesia pada tahun 2021 dengan melihat fundamental keuangan perusahaan yang menggambarkan ketahanan sebuah bank dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis khususnya di masa krisis pandemi Covid-19.

Pemilihan Indonesia Top 40 Bank 2021 ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penilaian bank yang merujuk pada Peraturan OJK No.4/POJK.03/2016 tentang Penilaian tentang Tingkat Kesehatan Bank Umum. Penilaian Tingkat Kesehatan Bank (TKB) adalah hasil penilaian kondisi bank yang dilakukan terhadap risiko dan kinerja bank.

"Penghargaan Indonesia Top 40 Bank 2021 oleh The Iconomics ini diharapkan mampu memberikan semangat bagi industri perbankan dan memberikan apresiasi kepada pelaku industri perbankan untuk selalu inovatif dan menjalankan strategi bisnis yang tepat untuk dapat bertahan dan tumbuh selama selama masa pandemi Covid-19," kata Founder & CEO The Iconomics Bram S Putro dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Di tengah pandemi ini, CEO The Iconomics juga menyoroti pentingnya perbankan memperhatikan tantangan dan tren perbankan saat ini dan masa mendatang. Beberapa tren yang disoroti adalah risiko siber dan kejahatan finansial, teknologi digital termasuk didalamnya ada artificial intelligence (AI) dan otomatisasi, blockchain, cloud, dan machine learning.

Perbankan juga harus melakukan transformasi digital. Digitalisasi tersebut akan menjadi pendorong pertumbuhan bisnis dan peningkatan pengalaman pelanggan. Ia juga melihat pentingnya data dan analitik. Karena dari sinilah pengambilan keputusan akan lebih presisi untuk para nasabah.

Adapun berikut daftar Indonesia Top 40 Bank 2021

  1. PT Bank Central Asia Tbk
  2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
  3. PT BPD Jawa Timur
  4. Citibank Indonesia
  5. PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk
  6. Standard Chartered Bank
  7. PT Bank DKI
  8. PT Bank UOB Indonesia
  9. Bank BJB
  10. PT Bank OCBC NISP Tbk
  11. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah
  12. PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk
  13. PT Bank of China (Hongkong) Limited
  14. PT Bank Maybank Indonesia Tbk
  15. PT Bank HSBC Indonesia
  16. PT Bank KEB Hana Indonesia
  17. PT Bank Mega Tbk
  18. PT Bank DBS Indonesia
  19. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
  20. PT Bank ANZ Indonesia
  21. PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk
  22. PT BPD Papua
  23. PT Bank INA Perdana Tbk
  24. PT Bank Sinarmas Tbk
  25. PT Bank Digital BCA
  26. PT BPD Daerah Istimewa Yogyakarta
  27. PT BPD Bali
  28. PT Bank Jasa Jakarta
  29. PT Bank CTBC Indonesia
  30. PT Bank Pembangunan Daerah Jambi
  31. PT BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
  32. JP. Morgan Chase Bank, N.A
  33. PT Bank Lampung
  34. PT BPD Kalimantan Barat
  35. PT BPD Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
  36. PT Bank Mestika Dharma Tbk
  37. PT BPD Maluku Malut
  38. PT BPD Sulawesi Tenggara
  39. PT BPD Kalimantan Tengah
  40. PT Bank Nationalnobu Tbk

Demikian artikel dengan judul Ini Deretan 40 Indonesia Top Bank. Semoga bermanfaat. 
Sumber: suara.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel