17 Makanan Pelancar ASI

17 Makanan Pelancar ASI
Disaat Habis melahirkan, banyak ibu-ibu yang tidak langsung mengeluarkan ASI. Jikapun keluar ASI, itupun hanya sedikit atau tidak lancar. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat memperlancar ASI:

1. Pare
17 Makanan Pelancar ASI
Pare kaya vitamin C, anti oksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan, meningkatkan kesehatan tulang, gigi, gusi dan pembuluh darah,
serta meningkatkan penyerapan zat besi.

2. Pepaya
17 Makanan Pelancar ASI
Baik untuk memebuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Merawat balita cukup menguras tenaga, sehingga bila Anda kekurangan kalium maka akan merasa sangat lelah. Kekurangan kalium juga menyebabkan perubahan suasana hati menjadi seperti depresi, sementara saat menyusui Anda perlu berfikiran positif dan bahagia.

3. Semangka
17 Makanan Pelancar ASI
Baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A ibu menyusui yang satu setengah kali lipat banyak daripada perempuan yang tidak menyusui. Kadar air yang tinggi pada sementara juga baik untuk asupan cairan tubuh. 

4. Ubi
17 Makanan Pelancar ASI
Ubi berwarna oranye ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu menyusui. Gizi yang terkandung di dalamnya juga baik untuk si buah hati. Mengkonsumsi ubi jalar secara teratur dapa membuat aliran ASI lancar dan membuat bayi cepat kenyang.

5. Wortel
17 Makanan Pelancar ASI
Wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi terutama beta karoten. Sejak jaman dahulu, wortel terkenal mampu meningkatkan produksi ASI. Jus atau tumis wortel bisa menjadi pilihan Bunda saat mengolahnya.

6. Asparagus
17 Makanan Pelancar ASI
Asparagus memiliki kandungan Zat yang dapat mempertahankan pasokan ASI sehingga produksinya tetap lancar dan mampu memenuhi kebutuhan bayi, tanpa harus menambahkan Susu Formula.

7. Kacang Hijau
 17 Makanan Pelancar ASI

Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang dipercaya mampu meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi setiap harinya. Selain itu, kacang hijau juga mengandung zat besi yang baik untuk tumbuh kembang bayi dan mencegah bayi terkena anemia.

8. Bayam
17 Makanan Pelancar ASI
Bayam banyak mengandung fitoestrogen yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan merangsang ASI agar produksinya maksimal.

9. Jambu
 17 Makanan Pelancar ASI

Buah yang kadar airnya cukup tinggi ini bersifat mendinginkan sehingga memeberikan rasa menenangkan saat dimakan, bisa menetralisir rasa tertekan pada ibu pasca melahirkan.

10. Oat

17 Makanan Pelancar ASI
Oat sangat bermanfaat untuk memperkaya kanduyngan ASI, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi resiko penggumpalan darah.

11. Labu Siam
17 Makanan Pelancar ASI
 Labu siam mengandung vitamin C, B Kompleks dan beberapa mineral, seperti fosfor, seng dan tembaga.

12. Edamame
17 Makanan Pelancar ASI
Edamame tergolong kacang-kacangan yang tinggi protein dan mengandung vitamin yang cukup untuk produksi ASI. Kandungan vitamin A, C dan B serta kalsium juga membantu tubuh untuk menjaga kesehatan Bunda saat menyusui, sehingga tidak mudah sakit.

13. Almond
17 Makanan Pelancar ASI
Manfaat almond salah satunya adalah untuk memperlancar ASI. Kandungan kalsiumnya juga baik untuk meningkatkan kualitas ASI.

14. Garlic
17 Makanan Pelancar ASI
Bawang putih sudah berabad-abad dipercaya mampu memperlancar ASI. Tidak perlu dikonsumsi secara langsung atau mentah, cukup digunakan sebagai bumbu beragam masakan.

15. Fenugrek
17 Makanan Pelancar ASI
Fenugrek sangat kaya fitoestrogen. Inilah yang menyebabkannya populer sebagai pelancar ASI di Eropa. Kandungan serat dan seponinnya yang tinggi juga dapat mengatasi sembelit yang sering dialami oleh ibu-ibu pasca melahirklan.

16. Flaxseed
17 Makanan Pelancar ASI
Flaxseed mengandung galaktogogus yang telag banyak terbukti mampu melancarkan ASI. Flaxseed juga termasuk golongan superfood yang dikenal memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan.

17. Daun Katuk
17 Makanan Pelancar ASI
Daun katuk telah terkenal luas sebagai pelancar ASI. Mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun katuk kaya akan vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), vitamin B, dan vitamin C

Demikian tulisan tentang  17 Makanan Pelancar ASI. Semoga bermanfaat.

0 Response to "17 Makanan Pelancar ASI"

Posting Komentar