7 Kota Tertua di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau yang terbagi menjadi beberapa provinsi. Provinsi-provinsi ini kemudian akan terbagi menjadi beberapa kota.
Kota di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Tak tanggung-tanggung ada 98 kota.
Ada 7 kota tertua di indonesia yaitu:
  • Palembang
7 Kota Tertua di Indonesia
Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 683 M. Kota yang terletak di sumatera selatan ini tercatat pula sebagai kota terbesar kedua setelah kota Medan. Kota ini memiliki luas 358,55 KM² dan dihuni 1,7 juta orang.
Pada awalnya kota Palembang merupakan Ibu Kota Kerajaan Bahari Budha terbesar seAsia Tenggara. Sejak itulah kota yang terkenal empek-empeknya ini mulai ramai dihuni masyarakat dari berbagai daerah.
  • Malang
7 Kota Tertua di Indonesia
Malang merupakan kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 760 M, tepatnya 28 November. Kota yang terletak di Jawa Timur ini merupakan kota terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota ini memiliki luas 252,10 KM² dan dihuni 4 juta orang. Kota ini berkembang sejak administrasi kolonial Belanda, terutama sejak dioperasikannya jalur kereta api pada tahun 1879. Saat ini kota malang merupakan kota terkenal di Indonesia yang menjadi tujuan wisata para pelancong.
  • Kediri 

7 Kota Tertua di Indonesia
Kediri merupakan kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 879M. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia. Kota ini memiliki luas 63,40 KM². Di kota ini terdapat banyak peninggalan bersejaranh seperti candi dan arca. salah satu kerjaan yang terkenal di kota ini adalah kerjaan Singosari. Saat ini kota kediri memiliki sebuah bangunan di Simpanglima Gumul yang mirip dengan sebuah monumen Arc de Triomphe yang berada di Paris, Prancis. Monumen ini akhirnya dijadikan ikon kota.
  • Magelang
 7 Kota Tertua di Indonesia
Magelang merupakan kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 907 M tepatnya 11 April. Kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini menjadi lokasi salah satu keajaiban dunia yang sangat terkenal yaitu, Candi Borobudur. Meskipun kota ini termasuk kecil, namun nilai sejarah yang dimilikinya sangat tinggi. Pada abad ke 18 Inggris pernah memerintah kota Magelang dan menjadikannya kota pemerintahan.
  • Purworejo
 
Purworejo merupakan kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 901 M tepatnya 5 Oktober. Kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini pernah menjadi ibukota pada tahun 1945 - 1949. Kota ini memiliki luas 52,73 KM² dan dihuni 98.620 orang. Kota yang terletak di jalur utama jawa via pantai selatan ini memiliki cukup banyak potensi yang menjadi daya tarik masyarakat, mulai dari potensi bidang pariwisata, kuliner, pertanian, pertanian, home industri dan lainnya.

  • Salatiga
Salatiga merupakan kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 750 M. Kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini menyimpan sejarah yang panjang dan  kuat karena pernah mengalami peperangan hebat di jaman kerajaan. Lahirnya kota kecil ini tertuang dalam sebuah tulisan yang tertulis di atas sebuah batu prasasti, yang bernama Plumpungan. Prasasti Plumpungan ini terletak di desa Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.
  • Semarang
Mungkin banyak yang tidak menyangka akan kota yang terkenal dengan lumpianya ini termasuk kota tertua di Indonesia. Ya, Semarang merupakan kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1575 M tepatnya 2 Juni. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini juga menjadi semakin terkenal karena pernah disinggahi oleh Laksamana Cheng Ho, seorang penjajah legendaris asal cina.
Demikian tulisan tentang 7 kota tertua di Indonesia, mungkin kota kamu menjadi salah satu diantaranya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Kota Tertua di Indonesia"

Posting Komentar