Tips Menghadapi Teman yang Tempertantrum

"Terpertantrum yaitu suatu luapan emosi yang nggak terkontrol dan meledak-ledak. Umumnya emang terjadi pada mereka yang masih kecil. Makanya kalo perilaku ini masih terus berlanjut sampe remaja, ya  nggak normal! Sebab, seharusnya makin bertambah umur makin matang pula pola pikir seseorang, dan makin bisa beradaptasi dengan lingkungan," jelas Indah Sari Hutauruk, M.Si seorang psikolog klinis dari Universitas Indonesia.
Tips Menghadapi Teman yang Tempertantrum
Lalu, gimana cara ngadepin teman yang tempertantrum. Lakukan tips berikut:
1. Jangan direspon.
Kalo kita ngasih respon atas perilakunya (contoh: membujuk), ujung-ujungnya hanya akan membuat dia makin menjadi-jadi. Makanya, lebih baik didiamkan aja seolah kita nggak peduli padanya.

2. Jangan dipenuhi keinginannya.
Tolak segala permintaannya yang kita nilai berlebihan. Nggak usah jiper, jack! Soalnya kalo kita juga mengiyakan, dia akan ngerasa kita gampang disetir buat selalu menuruti permintaannya. Besok atau lusa dia pasti akan mengulangi perilakunya lagi pada kita, kalau dia menginginkan sesuatu.

3. Kasih pencerahan.
Intinya sih kita harus bikin dia ngerti kalo perilakunya itu akan berdampak buruk pada dirinya sendiri. Bukan cuma badan yang jadi bonyok, tapi dia juga akan susah menjalani hubungan dengan orang lain. Pokoknya, beri dia penjelasan tentang sebab dan akibat yang akan terjadi jika perilakunya tersebut terus diulangi.

4. Beri hukuman.
Kalo dikasih pencerahan nggak bisa, sesekali boleh juga tuh ngasih dia hukuman. Tapi, perlihatkan dengan jelas kalo hukuman itu diberikan karena kita nggak setuju dengan perilakunya. Jadi bukan karena benci sama dia.
Demikian tulisan tentang tips menghadapi Teman yang tempertantrum. Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare.

0 Response to "Tips Menghadapi Teman yang Tempertantrum"

Posting Komentar