Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia

Kreativitas memang tidak mengenal tempat, waktu atau bidang tertentu. Namun untuk mencapai sebuah kesuksesan tentu saja tetap harus ada kerja keras yang dilakukan. Terlebih lagi dalam menghasilkan sesuatu yang bisa menjadi sejarang di mata dunia. Di Indonesia sendiri terdapat bidang-bidang yang akhirnya menjadi fenomenal. Salah satunya adalah bidang kuliner yang kemudian sukses menerobos dunia.

Dengan dukungan dari sumber daya alam dan kebudayaan yang ada di Indonesia mampu melahirkan beragam makanan yang disukai oleh dunia. Makanan-makanan tersebut tidak terbatas pada makanan khas Indonesia saja tetapi juga makanan dunia yang dimodifikasi sehingga menghasilkan rasa khas Indonesia. Karena kekhasan dan tentunya kelezatannya, kini berbagai kuliner Nusantara itu bahkan tercatat sebagai salah satu makanan paling enak di dunia dan disukai banyak orang di berbagai negara. Berikut ini KoranMalam.com merangkum berbagai jenis makanan yang terkenal bukan hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara.

Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Rendang
Siapa tak mengenal makanann daging bersantan ini. Dalam hal rasa memang tidak dipungkiri lagi makanan khas Sumatra Utara ini memiliki rasa khas yang tidak ada duanya. Penikmat kulinen ini juga bukan hanya dari dalam negeri saja, di beberapa negara hidangan ini sukses menjadi menu di beberapa rumah makan di sana. Apresiasi terhadap makanan ini didatangkan dari CNN dari lima puluh jenis makanan di dunia, rendang asal Indonesia mampu menempati urutan posisi 11, tentu posisi ini merupakan tolak ukur bahwa rendang merupakan salah satu makanan yang diminati oleh dunia. Rendang populer di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand.

Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Sate
Berikutnya, sate juga merupakan salah satu makanan Indonesia yang bisa go international. Meski sate sendiri tidak hanya dimilik di Indonesia tapi juga merupakan hidangan khas dari negara-negara di Asia Tenggara. namun yang membedakan, sate di Indonesia memiliki jenis yang sangat banyak. Jenis itu berasal dari bahan baku, jenis saus, bahkan daerah dimana sate itu berasal. Lebih dari 30 jenis sate berasal dari Indonesia. Tak hanya di Indonesia, di Belanda, sate juga menjadi salah satu masakan yang disukai. Penyebaran sate di Belanda karena penjajahan yang dilakukan oleh Belanda pada masa itu.

Tempe
Mendapatkan makanan berbahan dasar kedelai ini memang sangat mudah di Indonesia. Karena jenis makanan ini sudah sangat akrab disantap masyarakat pada umumnya. Istimewanya tempe merupakan salah satu makanan tersehat yang ada di dunia. Ia dijuluki superfoof karena kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya. Untuk cita rasa jangan ditanya, tempe memiliki rasa khas yang tidak bisa didapatkan dari makanan olahan lain. Bahkan di Jepang dan Australia, terdapat pengusaha yang mendirikan pabrik tempe dan mendapat sambutan yang luar biasa.
Makanan yang berasal dari daerah Jawa ini memang tidak pernah diketahui secara jelas kapan pertama kali dibuatnya. Namun makanan ini sudah ada sejak berabad-abad lalu dalam tatanan makan orang-orang Jawa. Bahkan tempe diduga sebagai penyelamat kesehatan masyarakat Indonesia pada saat perang dunia ke 2. Pada zaman itu pula tempe populer di masyarakat Eropa. Penyebaran tempe lewat Belanda yang saat ini terdapat pengusaha yang membuka bisnis pembuatan tempe di sana. Pada tahun 1984 sudah tercatat 18 perusahaan tempe di Eropa, 53 di Amerika, dan 8 di Jepang.

Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Nasi Goreng
Nasi goreng memang merupakan menu yang dapat ditemui hampir dimana saja. Penjaja kuliner ini bisa dibilang merupakan salah satu kuliner yang paling mudah ditemui. Mulai dari warung pinggir jalan sampai restorang bintang lima menjajakan nasi goreng. Memang nasi goreng juga terdapat di beberapa negara. Namun, Indonesia memiliki khas dalam meracik hidangan yang satu ini. Makan ini berhasil menggoyang lidah para pengunjung di setiap festival yang diadakan di luar negeri. Bahkan saat presiden Amerika berkunjung dia dibuat takjub dengan nikmatnya nasi goreng yang disajikan.

Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Bakso dan Soto
Ternyata bakso dan soto juga termasuk salah satu cita rasa kuliner asli Indonesia yang mendunia. Secara tak langsung Presiden Amerika Barack Obama ikut mempromosikan bakso. Akibatnya sejumlah situs berita Amerika Serikat membuat tulisan tentang bakso. Di berbagai pulau di Indonesia, Soto memiliki nama masing-masing sesuai tempatnya seperti soto Betawi, soto Banjar, soto Kediri, soto Makassar, dan sebagainya. Kelezatan soto bahkan membuat salah satu televisi Spanyol menyiarkan seluk beluk soto dalam sebuah program acara.

Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Gudeg dan Gado-Gado
Gudeg adalah masakan asli daerah Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg di daerah tersebut memiliki cita rasa khas manis. Gudeg sendiri diolah dengan santan dan nangka muda serta memiliki warna coklat pekat. Ada dua macam gudeg yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering dapat bertahan lebih lama dan sering dijadikan oleh-oleh. Namun banyak pula para wisatawan berburu gudeg saat berkunjung ke daerah tersebut. Sementara kuliner gado-gado merupakan salad dengan bahan utama sayuran dan dilengkapi dengan nasi atau lontong. Yang membuat gado-gado sedap adalah saus kacangnya yang cocok dengan lidah internasional. Di channel Youtube, banyak ditemui tutorial membuat gado-gado yang diperankan oleh chef terkenal. Bahkan chef sekelas Jamie Oliver pun memasukkan resep gado-gado di website-nya.
Selain makanan tersebut, terdapat pula bisnis kuliner asal indonesia yang sukses menembus pasar internasional. Mereka menggunakan masakan khas ataupun masakan negara lain yang kemudian dimodifikasi dengan kreativitas mereka sendiri. berikut adalah beberapa produk Indonesia yang sukses di mancanegara.

Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Mie Instan
Setiap orang di Indonesia parti pernah merasakan produk yang satu ini. Harganya yang ekonomis dan rasanya yang nikmat membuat produk ini disukai oleh masyarakat. Memang bukan hal baru bahwa mie instan dalam hal ini indumie sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Cara membuatnya dan mendapatkna daya terik utama dari produk ini. Tetapi yang membanggakan adalah Indomie tidak hanya tenar di negara asalnya saja. Di negara-negar Asia Tenggara, Indomie dengan mudah bisa didapatkan di toko-toko. Bahkan di Afrika produk instan ini memiliki pabrik sendiri. Indomie pun bersaing dengan produk mie instan milik Korea dan Jepang untuk menjadi mie instan terenak di dunia.

Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Donat
Kali ini perusahaan di bidang makanan ringan yaitu donat. JCO Donuts dan Coffe merupakan perusahaan yang menawarkan donat-donat dengan beragam jenis dan varian. Untuk penyebaran sendiri saat ini JCO sudah tersebar di Asia. Gerainya tersebar mulai di Malaysia, Singapura, Filipina, dan Tiongkok. Perusahaan yang dimiliki Jhonny Andrean Group ini sukses mendapatkan pasar dalam dan luar negeri.
Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Kebab
Salah satu kebab di Indonesia yang cukup terkenal adalah Babarafi. Saat ini outlet Kebab babarafi sudah lebih dari 1000 outlet dan tersebar di 8 negara di dunia. Bisnis yang berdiri pada tahun 2005 ini merupakan salah satu pioner sistem franchise di Indonesia. Penyebaran yang sangat cepat merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia
Pecel Lele
Pecel lele memang banyak dijumpai di Indonesia, tapi pecel lele menjadi naik kelas ketika Pecel Lela memopulerkan outlet yang berkonsep rumah makan. Dengan sapaan khas "Selamat pagi"nya Pecel Lela mampu menambat hati masyarakat Indonesia. Bisnis Franchise ini memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya berada di Indonesia. Pecel Lela sudah sukses membuka cabangnya di negara-negara tetangga seperti malaysia.
Demikian tulisan tentang Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia. Mana masakan favoritmu. yuks share, biar makanan dari indonesia ini semakin dikenal dunia. (sumber: majalah elshinta edisi Juni 2016 / Tahun VIII)

0 Response to "Ragam Kuliner Nusantara yang Menerobos Dunia"

Posting Komentar