27 Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Jutaan

27 Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Jutaan
Bisnis tak dimonopoli oleh kaum tua, golongan muda atau orang-orang kaya. Bisnis bisa dan boleh dilakukan oleh siapa saja. Mereka yang bekerja dan menjelang pensiun yang paling sering bertanya-tanya apa yang akan dikerjakan nanti setelah tidak bekerja.

Dalam memilih bisnis yang akan digeluti, biasanya orang mencari bisnis yang sesuai dengan hobinya. Atau memilih yang cocok dengan keterampilannya. Namun, tak sedikit orang yang sama sekali tidak tahu, bisnis apa yang sesuai dengan diri mereka dan mereka mampu menjalankannya.

Mau berbisnis tetapi berpikirnya terlalu panjang, boleh-boleh saja, tapi terlalu banyak berpikir justru menghabiskan waktu. Sebaliknya, ingin berbisnis langsung terjun saja, toh nantinya juga akan berpikir juga, bagaimana agar bisnisnya makin berkembang. Lebih-lebih jika bisnisnya kurang lancar.

Dalam salah satu seminarnya, si raja UKM Royke Sahetapi menyebut jika ingin mempunyai bisnis jangan hanya ide, tapi langsung terjun, langsung action. Royke yang juga pendiri ESCO (Entrepreneur Succer Community) mengajarkan bisnis kepada anggota komunitasnya agar tanpa terlalu banyak mikir, termasuk saat ia mengajari bisnis kepada putera-puteri kandungnya.

banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan oleh para calon pengusaha. Dibawah ini KoranMalam.com mencoba meneruskan artikel dari entrepreuneur.com tentang 27 jenis bisnis dengan modal di bawah 10 juta yang layak dicoba. Mungkin tidak semua cocok untuk Anda, tapi sebagai deferensi, keunikan usaha dan inovasi, bisa jadi bisnis Andalah yang akan memimpin pasar.

1. Tutor
Anda mempunyai keterampilan memasak, menjahit dan lain-lain? Anda bisa mendapat tambahan uang dengan mengajarkan keterampilan Anda kepada orang lain. Ira contohnya, Ibu yang berprofesi sebagai guru. Ia kemudian mengajarkan keterampilannya membuat tas handmade kepada siapa saja yang ingin belajar. Untuk 4 jam lama kursus, Ira menarik biaya 350 ribu rupiah per orang.

2. Penitipan/Perawatan Hewan
Anda penyuka binatang? Anda bisa mencoba bisnis yang satu ini. Di luar negeri sana, jasa membawa hewan piaraan jalan-jalan saja -anjing misalnya- mendapat upah 20 dollar per jam atau jika dibayar bulanan, bisa mencapai 400 dollar atau sekitar 5,6 juta rupiah.
Di tanah air cukup banyak keluarga yang memelihara binatang kesayangan, namun mereka tidak punya cukup waktu untuk urusan perawatannya. Jasa perawatan atau sekedar memandikan anjing, kucing atau penitipan hewan sementara, biayanya sekitar 40-60 ribu rupiah per hari. Sebuah bisnis yang cukup menarik dicoba.
27 Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Jutaan
3. Organizer
Bagi Anda yang mempunyai keterampilan meng-organize acara, tak ada salahnya  mencoba mengubahnya menjadi kesempatan yang menghasilkan uang. Banyak sekali acara atau kegiatan (mis: ulang tahun, seminar, dll) yang membutuhkan tenaga terampil menyusun acara. Anda bisa menawarkan sekadar konsep acara tanpa harus mengerjakan detil pelaksanaannya.

4. Stylist
Untuk pekerjaan stylist, entrepreuneur.com menyarankan Anda lebih dulu menjajal kemampuan stylist Anda ke teman yang akan pergi ke pesta misalnya. Dari situ, si teman akan mempromosikan hasil kerja Anda ke teman yang lain. Bukan tak mungkin dalam waktu dekat Anda bisa membangun bisnis fesyen.

5. Penerjemah
Saaat ini banyak sekali tumbuh ataupun startup multibahasa. yang membutuhkan posting online. Mereka tentu menggunakan bahasa yang diakui internasional, makanya dibutuhkan penerjemah. Selain itu, untuk pasar lokal pun kebutuhan penerjemah senantiasa terus bertambah.

6. Fotografer
Urusan fotografi, bisa dimulai dengan menerima order acara pernikahan atau ulang tahun dari tetangga. Anda mungkin memerlukan kamera foto lengkap dengan tripotnya. Semua kebutuhan tersebut bisa jadi lebih dari 10 jutaan harganya. Tapi misalnya Anda sudah punya kamera, investasinya bisa lebih kecil. Makin sering Anda dapat order (tentunya dengan aktif mencari) makin cepat Anda mendapat uang.

7. Errand Runner
Tugasnya lebih kurang seperti bagian umum. Banyak orang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Tentunya hal ini menjadi peluang. Bisnis jasa membantu menyelesaikan tugas-tugas orang tersebut, menjadi solusinya. Hasilnya cukup menjanjikan. Honor bisa dihitung per jam atau per hari tergantung kesepakatan.
8. Transciber
Anda mempunya komputer dan bisa mengetik 10 jari -mengetik dengan cepat- Anda bisa memulai bisnis ini. Banyak sekali interview dalam bentuk video ataupun audio yang perlu di transcrib. Di luar negeri, jasa untuk pekerjaan transcribe selama satu jam, honornya sekitar 15 dollar atau lebih kurang 200 ribu rupiah.

9. Penulis
Maraknya situs konten jelas membutuhkan konten yang baik. Anda bisa mengisi konten-konten tersebut dengan menjadi penulis lepas. Selain itu, perusahaan juga membutuhkan penulis. Tentang teknis kerjasamanya, bisa berbentuk project, shingga besar kecilnya honor yang diterima akan berbeda-beda.

10. Perajin Perhiasan
Misalkan anda mempunyai keterampilan membuat perhiasan, sepertinya bisa menjadi peluang yang sangat prospek. Perhiasan biasnya hubungannya aksesori yang nilainya tinggi. Apalagi, Badan Kerajinan Nasional sedang giat mengkampanyekan icon-icon daerah. Icon-icon tersebut dibuat dari berbagai bahan, mulai dari perak, emas dan lain-lain dengan harga yang tidak murah.

11. Sales
Anda yang hobi bertemu dan bicara sama orang-orang, menjual suatu produk jadi, misalnya Tupperware, bakal menjadi tambahan yang mengasyikkan. Menjual produk semacam ini tidak menuntut Anda melakukan inovasi barang. apalagi sampai berpikir tentang urusan perusahaannya. Anda hanya perlu memilih produknya apa dan perusahaan mana yang cocok dengan keinginan Anda.

12. Makeup Artis
Jika saja sekarang ini Anda sudah menjadi perias atau make up artis, cobalah mencari sertifikasi. Sertifikasi akan menunjang Anda menjalankan bisnis makeup artis secara seriuas atau profesional. Bisa melalui kursus atau program yang direkomendasikan oleh ahlinya. Anda bisa mengantongi 1 sampai 2 juta rupiah per pekerjaan.

13. Virtual Asisten
Profesi ini bisa jadi cukup langka di sini, karena masih belum populer. Jasa asisten yang dilakukan hanya melalui internet atau telepon. tapi jangan gagal mencoba! Bukankah bisnis yang belum banyak pemainnya justru yang masih sedikit kompetitor? Di luar negeri, jasa semacam ini mendapat imbalan sekitar 16 dolar untuk setiap jamnya.

14. Koki Pribadi
Selain pesta-pesta yang umum diselenggarakan, pesta pernikahan misalnya, orang sering sekali mengadakan bermacam-macam pesta. Dari pesta kelulusan sekolah, pesta ulang tahun, pesta dapat promosi jabatan dan masih banyak lagi pesta lainnya. Nah, di sinilah Anda bisa mengambil peran. Jika Anda seorang yang jago memasak, tak ada salahnya menawarkan diri ke komunitas penyuka pesta. Paling tidak Anda bisa mengantongi bersih 300 sampai 500 ribu rupiah.
27 Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Jutaan
15. Pembelanja Pribadi
Profesi ini mengkin juga termasuk yang langka, tetapi Anda perlu mempertimbangkan peluangnya. Jika Anda seorang yang suka atau mengerti fashion, ditambah hobi Anda berbelanja, Anda bisa menjual keahlian atau keterampilan Anda tersebut. Tentu saja kepada mereka yang membutuhkan jasa Anda, yakni mereka yang kurang mengerti fashion tetapi perlu tampil fashionable. Sekedar pembanding, di negeri sebelah, upah menjadi pembelanja pribadi atau personal shopper sekitar 250 ribu rupiah per belanja.

16. Desainer Grafis 
Biasanya desainer grafis yang sejati akan gerah jika tidak mengerjakan desain. Sementara, terdapat banyak sekali desain tools gratisan yang tersedia dan bisa dimanfaatkan -selain tentunya tools yang dibutuhkan oleh desainer tingkat ahli. Kemampuan mendesain anda bisa menjadi sumber pendapatan yang menarik. Per jam, diluar sana dihargai 250 ribu rupiah lebih.

17. UI/UX Designer
Dari begitu banyak pengusaha web dan aplikasi yang bermacam-macam jenisnya, ada hal yang membuat beberapa diantara mereka menjadi berbeda. Yakni yang disebut user interface (UI) desain dan user experience (UX) desain. Website atau aplikasi tidak akan berjalan dengan baik, jika tidak digarap secara baik. Website atau aplikasi harus user friendly -menimbulkan rasa dekat, akrab dan tentu saja perlu menyenangkan. Tenaga UI dibayar rata-rata 500 ribu rupiah per jam sementara untuk UX sedikit lebih tinggi dari honor tenaga user interface.

18. Manager Media
Biasanya perusahaan kecil belum atau tidak mempunyai tenaga manager media atau bagian pemasaran atau humas. Bekerja paruh waktu atau secara penuh, dengan menjadi tenaga manajer media, bisa memberikan pendapatan yang baik bahkan dapat memberikan jaringan yang makin luas. Selain perusahaan, artis yang tercatat paling sering membutuhkan tenaga manajer.

19. Konsultan
Anda mungkin mempunyai keahlian tertentu yang bisa dijadikan bisnis., seperti misalnya konsultan pajak. Banyak sekali pengusaha atau wajib pajak yang kurang mengerti seluk beluk pajak. Disinilah anda yang mempunyai keahlian atau ketrampilan tersebut mengambil bagian. Menjadi konsultan pajak, lebih masuk akal dibanding dengan memberikan kursus pajak. Begitu juga dengan jenis bisnis lainnya, anda bisa tampil menjadi konsultannya.

20. Manager PR
Entrepreneur dotcom menyarankan bisnis ini kepada mereka yang baru pensiun. Kenalan atau relasi yang dipunyai, akan menjadi aset yang bisa dibisniskan. Anda bisa menawarkannya keperusahaan atau bahkan instansi pemerintah sampai dengan pengiklan. Imbalan yang bisa anda terima akan bervariasi, tergantung seberapa spesifik data relasi yang ada berikan.
21. Perencana Pernikahan
Misalnya anda termasuk orang yang tidak gampang stres dengan perubahan-perubahan dimenit-menit terakhir, ditambah menyukai hal-hal detil seperti dekorasi, dengan menjadi tenaga perencana pernikahansepertinya akan membuat anda bersemangat. Penghasilan seorang perencana pernikahan sekitar 200 ribu per jam. Atau anda bisa bekerja dalam tim, lengkap dengan katering sampai dengan dokumentasinya.

22. Perencana Kegiatan
Perencana Kegiatan dimaksud di sini, sedikit beda dengan organizer yang tersebut di atas, karena selain menyusun acara, sekaligus sebagai pelaksana. Anda bisa menyusun konsep acara, baik acara ultah, persmian ataupun pesta perkawinan namun sekaligus mengurusi pelaksanaannya. Klient Anda tinggal terima kasih. Berapa keuntungan yang bisa anda dapat? Bervariasi karena margin bisa anda dapat dari masing-masing vendor mulai dari dekor, katering sampai dokumentasi.

23. Manager Property 
Profesi satu ini juga sepertinya belum ramai dilakukan orang, sementara marketnya cukup menjanjikan. Manajer properti bertugas mengurusi properti. Di kota-kota besar banyak orang yang mempunyai properti namun tidak terurus dan sebagian besar berakhir dengan rusak. Dengan menyediakan diri menjadi manajer properti, banyak properti yang tidak terurus itu, menjadi tetap baik dan terawat sehingga nilai jualnya pun tinggi. Sebagai acuan, di negeri sebelah pertahun honor manajer properti mencapai 100 ribu dollar per tahun.

24. Katering
Jika juru masak pribadi melayani kebutuhan masakan kepada kelompok yang tidak begitu besar, untuk katering menyiapkan makanan dalam volume besar atau untuk acara yang besar-besar. Andaikan anda seorang juru masak yang biasa memasak dalam volume besar dan dapat memasak beberapa makanan sekaligus, sudah saatnya anda merintis bisnis katering anda sendiri.

25. Pelatih Pribadi
Tentang pelatih pribadi, banyak sekali bidangnya. tak hanya keperluan untuk anak-anak tapi juga untuk orang dewasa. Pelatih renang misalnya, Anda bisa mengajari berenang tidak saja kepada anak-anak, tapi bisa kepada semua anggota keluarga termasuk orang tua sianak. Begitu pula dengan keterampilan yang lain. Membaca Al-Quran misalnya atau bermain piano.

26. Akuntan
Anda mempunyai keterampilan akuntasi atau punya pengalaman mengurusi akuntansi? Anda bisa memulai bisnis dengan memberikan pelatihan kepada mereka yang membutuhkan. Anda hanya perlu membekali diri dengan sertifikat yang sesuai dengan keterampilan anda.

27. Copy Editor
Banyak sekali peluang kerja yang bisa diisi oleh copy editor. Dari mulai brosur, pamlet yang diterbitkan oleh suatu perusahaan, atau toko. mereka juga membutuhkan copy editor untuk pekerjaan proposal, bahkan posting blog pun membutuhkan sentuhan copy editor untuk mendapatkan hasil yang baik. Berapa honor yang bisa diraih? Bermacam-macam, editor buku sedikitnya mendapat 10 ribu rupiah per halaman.

Demikian tulisan tentang 27 Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Jutaan. Semoga menginspirasi. (Sumber: Majalah Elshinta Juni 2016/Tahun VIII)

0 Response to "27 Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Jutaan"

Posting Komentar