Jurusan Kuliah ini Berpeluang Paling Besar Untuk Jadi PNS

Trit ini saya tulis agar agan2 yang saat ini masih duduk di kelas 3 Putih abu2 ataupun masih kuliah di semester 1 atau 2 dijurusan yang ndak jelas) tidak menyesal dikemudian hari karena bergabung menjadi satu dari ribuan sarjana pengangguran. Ingat ya Gan Sarjana jaman sekarang jumlahnya berkali kali lipat dibanding 20 atau bahkan 10 tahun yang lalu, sehingga nyari kerjaan makin susah. Jaman Sekarang Beasiswa kalo kata jupe “tumpah tumpah” sehingga memungkinkan siapapun dari kasta manapun mampu kuliah, sehingga sarjana pengangguran jumlahnya bertambah…
Jurusan Kuliah ini Berpeluang Paling Besar Untuk Jadi PNS
Source: visit
Oke kita mulai ya….
Pernah gak agan ngamatin kakak2 kelas SMA agan dalam memilih jurusan di tempat kuliah ??
Kalo gak pernah, ane mo sharing pengamatan aja. (Resapi poin demi poin baik baik)
1. Biasanya anak2 yang pinter dan jiwanya “IPA” akan milih jurusan eksakta seperti kedokteran, Teknik entah Sipil, Pertambangan dan Perminyakan, Elektro, Mesin, MIPA, dll
2. Anak yang pinter dibidang eksakta tapi “hatinya” tidak di IPA biasanya akan milih jurusan2 seperti Psikologi, Hubungan Internasional, Hukum, Ilmu Komunikasi Bisnis , Manajemen dll
3. Anak2 pinter entah hatinya IPA atau IPS hampir selalu mencoba sekolah kedinasan ini (STAN) alias Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
4. Dalam beberapa tahun belakangan jurusan yang berhubungan dengan ICT (Information Communication and Techology ) sangat laris karena “katanya masa depan cerah”

Trus gimana fakta2 berikutnya ?? (fakta 1 berarti pengamatan 1 dari urutan poin diatas dst)
1. Mereka yang pinter dan keukeuh dengan jurusan pilihannya tapi ternyata tidak diterima di PTN akan mencari PTS yg mengakomodir jurusan pilihannya

2. Mereka yang sebenarnya pinter tapi gak keangkut ke jurusan pilihannya akan ambil jurusan antah berantah yang penting statusnya “NEGERI” jadi kalo kemana2 dengan bangganya pake motor jaketnya ya JAS ALMAMATERNYA

3. Kampus yang satu ini sangat berat gan saingannya padahal kalo sudah jadi PNS golongannya hanya IIc untuk D3 dan IIa untuk D1 (sangat tidak sebanding dengan perjuangan yang ditempuh) beda dengan Taruna Akmil atau Akpol yang perjuangannya emang berat tapi kompensasinya sebanding, begitu lulus kalo disetarakan dengan PNS gologannya langsung IIIa ( Mereka adalah Calon2 petinggi Polri dan TNI) disaring untuk mendapatkan BIBIT TERBAIK di Indonesia

Nie fakta pendaftar STAN gan
2005: Pendaftar 81.920 | Diterima 3.725 (4,55%)
2006: Pendaftar 119.628 | Diterima 2.368 (1,98%)
2007: Pendaftar 125.285 | Diterima 2.104 (1,61%)
2008: Pendaftar 95.365 | Diterima 2.325 (2,44%)
2009: Pendaftar 88.744 | Diterima 2.336 (2,63%)
2010: Pendaftar 113.545 | Diterima 3.770 (3,32%)
2011: Pendaftar 53.646 | Diterima 1.592 (1,03%)
2013: Pendaftar 88.079 | Diterima 4.954 (5,62%)
2014: Pendaftar 102.675 | Diterima 4.467 (4,35%)

4. Jurusan yang berhubungan dengan ICT ternyata gak semanis belah duren perawan gan, dengan catatan
Agan gak suka “ngoprek2” karena jurusan yang berhubungan dengan itu full of kreativitas, inovasi dan rasa lapar akan pengetahuan, Kalo agan kuliah di jurusan itu tapi cuman berangkat kuliah pulang tidur ke kosan ya nasibe ke depan akan tragis, Modal agan hanya ijazah, tapi skill Nol, Alhasil dengan pasokan lulusan ICT bejibun sedangkan permintaan dikit, alhasil kalo dapet kerjaan paling digaji UMR, Beda dengan mereka yang dibekali rasa lapar itu, Mereka mungkin jadi rebutan sana sini. Tetangga2 gue yang kuliah di jurusan itu 80% nganggur, coz gak keserap pasar, kalopun kerja gak dibidangnya.

5. Jurusan jurusan yang telah disebutkan diatas walopun favorit dan dipenuhi dengan orang orang pinter ternyata dalam kuota perekrutan PNS tidak banyak ditawarkan

Trus guwwa harus gimana Gan ???
Percayalah Gan seiring dengan perkembangan usia, pola pikir juga berubah , Elo yang tadinya gak ada minat jadi PNS begitu lulus kuliah kadang terbersit pikiran kenapa guwwa gak jadi PNS aja ya, masa depan terjamin, tapi masalahnya jurusan loe gak ditawarkan, kalopun ditawarkan dan jurusan loe adalah jurusan yang dipilih orang2 pinter ya berat gaaaan….

Terjamin tu berapa gan? Kalo hanya bermodal ijazah D3 dan loe dibayar minimal 10 JUTA SEBULAN apa gak terjamin gan ?? Padahal dengan cara masuk yang jauuuuuuuuuuh lebih mudah…

Jaman Sekarang Lu harus kuliah di Jurusan yang PASTI PASTI AJA, apa itu ??

1. D3 Akuntansi di PTN atau PTS (usahakan yang akreditasi jurusannya A)
Kenapa D3 Gan ? Kenapa Gak S1 aja ??
Nanti dulu, Kalo elo milih jurusan D3 Akun elo bisa nglamar PNS yang kualifikasinya D3, sambil elo Nglamar dan kerja elo bisa lanjut ke S1 Akuntansi.
Yang elo harus inget jadi PNS tu ada syarat umur dan syarat IPK, jadi Elo harus lulus dengan IPK minimal 3 kalo mau aman, dan elo harus lulus paling gak umur 21 biar kesempatan masih banyak untuk ngedaftar PNS, Karena kalo mo jadi PNS di PAJAK atau Kemenkeu umur elo maksimal 23 taon, kalo PNS ditempat laen biasanya 25 taon, walopun undang2nya bunyinya maksimal 35 taon.

Tadi pendapatan 10 juta sebulan kalo loe daptar PNS di PAJAK…
Emange gampang ?? Percayalah Gan jadi PNS di Pajak lewat jalur luar / umum (maksude bukan STAN) JAUH lebih mudah daripada elo masuk lewat STAN,
Koq bisa ?? Ya eyalah, Coba elo liat statistik jumlah pendaftar STAN, Jadi semua orang pinter atau bodoh, kaya atau Kismin yang sekolah di SMA, SMK , MA atao Kejar Paket C se-Indonesia hampir seluruhnya daftar
Sedangkan kalo elo daptar PNS lewat jalur luar yang utamanya D3 Akuntansi, emang berapa persen siy anak2 SMA yang lanjut ke D3 Akuntansi ??

Sebagian anak2 pinter udah keserap ke jurusan2 favorit di PTN atau PTS, udah keserap ke jurusan antah berantah yang penting PTN, udah keserap di Akmil atao Akpol, Udah keserap ke Sekolah2 Kedinasan, bahkan banyak anak2 pinter yang gak lanjut kuliah karena terbentur biaya,

Dari catatan ane, tahun 2013 lowongan untuk PNS pajak dari D3 Akuntansi ada 1000 orang, dan jumlah pendaftar hanya 6.000-an orang Gan, bandingin dengan pendaftar STAN, sedangkan di tahun 2014 lowongan tersedia 1249 orang, inilah yang namanya peluang Emas bertabur intan permata untuk memperoleh penghasilan minimal 10 juta sebulan

Entah kenapa mulai tahun 2013 Kemenkeu membuka keran D3 dari luar, padahal bibit terbaik sudah dipasok dari STAN, So agan harus manfaatkan kesempatan itu

Kalo misal agan gak ketrima jadi PNS, sekarang ane tanya perusahaan mana yang gak butuh pegawe dari D3 Akuntansi ?? Hampir tiap hari kolom2 lowongan iklan di Koran mencari anak D3 Akuntansi karena semua perusahaan butuh pegawai dengan kualifikasi D3 Akuntansi

2. S1 Akuntansi
Alesane ya sama daptar PNS Pajak lewat jalur luar lebih mudah daripada elo masuk lewat STAN,
Coba itung emang berapa persen siy anak2 SMA yang lanjut ke S1 Akuntansi ?? Sebagian anak2 pinter udah keserap ke jurusan2 favorit di PTN atau PTS , udah keserap ke jurusan antah berantah yang penting PTN, udah keserap di Akmil atao Akpol, Udah keserap ke Sekolah2 Kedinasan, bahkan banyak anak2 pinter yang gak lanjut kuliah karena terbentur biaya,

Dari catatan ane, tahun 2013 lowongan untuk PNS pajak dari S1 Akuntansi ada 591 orang, dan jumlah pendaftar pastinya jauh lebih sedikit kalo dibandingin dengan pendaftar STAN. Dan di tahun 2014 jumlah lowongan meningkat jadi 1015 orang, ajiiiiiiiiiiiiiib. Tentunya penghasilannya lebih gede dari anak D3 Gan, dan jabatan sebagai Bos udah menanti karena start lu dari IIIa,
So temen2 lu yang lebih dulu masuk kemenkeu lewat STAN tar bakal jadi anak buah elo, walopun mungkin dulu di SMA pinteran dia, sedep gak tuh gan…
Inget Gan elo harus lulus secepatnya karena batas usianya 27 taon,jadi elo bisa nyoba berkali2, dan elo minimal harus lulus dengan IPK minimal 3 biar aman.
Kalo elo gak ketrima di kemenkeu, di instansi laen juga pasti buka gan, misal BPK, BPKP dll, ato elo malah bisa nyoba di BI kan lebih menjanjikan tuh.

Inget Gan Instansi Kementrian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Pajak, lagi butuh buanyaaaaak pegawai, kemaren bilang katanya butuh 10.000 pegawai. Manfaatkan peluang ini, Coba liat saudara atau tetangga agan yang mungkin ketrima menjadi PNS di Pajak dari jalur umum, banyak kan yang kemampuannya biasa aja, atau bahkan maaf ada yang agak pas pasan otaknya (liat dah prestasi mereka sewaktu di sekolah) dibanding yang dari STAN yang rata2 juara kelas sejak SD.
Maaf kalo ada yang kurang berkenan, hanya sekedar berbagi dan member motivasi agar tidak terperosok menjadi pengangguran bertitel sarjana.
Sumber:
https://www.kaskus.co.id/thread/55117c2f529a45847c8b4567/jurusan-kuliah-ini-berpeluang-paling-besar-untuk-jadi-pns/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

 

Monetize your traffic easily

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel