FaceApp Kembali Viral, Bahaya Keamanan Pengguna Jadi Perhatian

Masih pada ingat dengan aplikasi FaceApp? Yup, aplikasi buatan Rusia yang sempat booming dua tahun lalu tersebut kembali mendominasi feed semua akun media sosial.

Informasi, FaceApp adalah aplikasi edit foto berbasis AI (artificial intelligence) yang bisa 'memermak' foto selfie dengan sejumlah efek, termasu mengubah foto kamu menjadi lebih tua, anak-anak, pria, hingga wanita.
FaceApp Kembali Viral, Bahaya Keamanan Pengguna Jadi Perhatian
Ilustrasi: penggunaan aplikasi FaceApp untuk keperluan mengedit foto
Digunakan oleh banyak orang dan sangat menghibur, terkadang banyak pengguna yang tidak menyadari aplikasi tersebut dapat mengakses sejumlah fitur di dalam smartphone, ataupun informasi pribadi pengguna.

Beberapa pertanyaan muncul seiring kembali viralnya aplikasi ini. Seperti, apakah FaceApp dapat mengakses camera roll tanpa persetujuan?

Dikutip dari laman Tech Crunch, Kamis (18/7/2019), peneliti keamanan dan CEO Guardian App, Will Strafach dan peneliti Baptiste Robert tidak menemukan bukti mengenai hal tersebut.

Aplikasi ini memang memungkinkan kamu memilih satu foto tanpa memberinya akses ke galeri foto. Tetapi, sebenarnya hal ini mendapatkan izin 100 persen dari API Apple saat iOS 11 diperkenalkan.

Ini memungkinkan pengembang membiarkan pengguna memilih satu foto dari sistem untuk diunggah ke aplikasi. Secara teori, FaceApp dapat memproses foto-foto di perangkat itu sendiri.

Yaroslav Goncharov, mantan eksekutif Yandex dan CEO FaceApp mengatakan, foto yang diunggah ke aplikasi tersimpan di server perusahaan.

Hal tersebut dilakukan untuk menyimpan bandwidth jika pengguna menggunakan beberapa filter sekaligus, dan dihapus dalam waktu 48 jam sejak di upload.

Tentu saja, kita tidak mengetahui dengan pasti apakah FaceApp benar-benar menghapus data foto pengguna, tetapi perlu dinggat, kita selalu mengunggah foto wajah ke server perusahaan sepanjang waktu, seperti ke Facebook atau Google.
FaceApp Kembali Viral, Bahaya Keamanan Pengguna Jadi Perhatian
FaceApp, aplikasi edit foto yang konyol dan menggelitik. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza
Salah satu aplikasi edit foto yang kini tengah digandrungi pengguna smartphone adalah FaceApp. Aplikasi in berhasil menarik perhatian karena memiliki kemampuan mengubah hasil selfie seseorang menjadi orangtua, anak-anak, termasuk bertukar gender.

Aplikasi yang dibesut oleh startup Wireless Lab OOO yang berbasis di Rusia ini memanfaatkan kecerdasan buatan dan jaringan neural untuk mengubah wajah dengan efek realistis.

Namun tahukah kamu, aplikasi tersebut ternyata juga dapat dipakai untuk mengubah foto wajah menjadi lebih ganteng atau cantik. 

Ada dua filter yang dapat digunakan untuk membuat foto kamu lebih ciamik. Pertama, menambahkan filter Smile agar fotomu terlihat lebih semringah. FaceApp menawarkan dua opsi tampilan senyum yang dapat dipilih. 

Selain itu, ada pula filter Spark yang ditampilkan dengan ikon halilintar. Melalui filter ini, fotomu akan ditampilkan dengan kulit yang lebih bercahaya dan halus. Menarik bukan?

Cara untuk melakukannya pun sangat mudah. Kamu cukup mengambil selfie seperti biasa dan mengeditnya langsung melalui FaceApp.

Sumber: liputan6.com

Belum ada Komentar untuk "FaceApp Kembali Viral, Bahaya Keamanan Pengguna Jadi Perhatian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel