Tunggu Permen PANRB, Formasi PPPK dan CPNS 2019 Diumumkan Sebentar Lagi

Pemerintah kembali mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap II di tahun 2019 ini.  Secara jadwal, perekrutan PPPK akan digelar terlebih dahulu pada bulan Agustus, dilanjutkan CPNS 2019 pada Oktober mendatang.
Tunggu Permen PANRB, Formasi PPPK dan CPNS 2019 Diumumkan Sebentar Lagi
Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Lowongan guru masih menjadi porsi terbesar dari total formasi dalam dua kali penarikan Aparatur Sipil Negara (ASN) baru tersebut. Sementara pemerintah pun belum membocorkan prakiraan formasi untuk PPPK dan CPNS tahun ini.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir mengatakan, jumlah formasi dari kedua seleksi PNS baru itu bakal ditetapkan dalam sebuah Peraturan Menteri PANRB (Permenpan).

"Nanti akan ditetapkan dlm Permenpan. Mohon ditunggu ya," ungkap Mudzakir kepada koranmalam.com, Senin (22/7/2019).

Saat ditanya perihal waktu peluncuran peraturan menteri tersebut, ia pun belum bisa buka suara lebih banyak. "Nanti kalau sudah keluar akan diumumkan," ujar dia.

Batas Formasi
Tunggu Permen PANRB, Formasi PPPK dan CPNS 2019 Diumumkan Sebentar Lagi
Suasana jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan batas maksimal formasi yang akan dibuka pada proses perekrutan CPNS 2019 dan PPPK Tahap II, yakni sebanyak 254.173 formasi.

Berdasarkan angka tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memproyeksikan, penarikan CPNS tahun ini akan menyediakan kursi sekitar 100 ribu formasi. Begitu juga dengan seleksi PPPK Tahap II.

"Kan ada sekitar 250 ribu formasi tuh untuk seluruh perekrutan ASN tahun ini. CPNS kira-kira sekitar 100 ribu (formasi). Untuk PPPK total kan ada 150 ribu (formasi). Sudah dikurangin yang seleksi tahap pertama, mungkin (PPPK Tahap II) sekitar 100 ribu formasi lagi," tutur Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan.

Namun begitu, ia belum berani memastikan berapa jumlah formasi pasti yang bakal disediakan dalam dua seleksi itu. "Detail masih nunggu Kementerian PANRB," tukas Ridwan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel