Gimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang? Ini Jawabannya!

YouTube menjadi platform streaming video paling populer saat ini. Makanya banyak orang mencari tahu bagaimana cara YouTuber mendapat uang loh. Ini penjelasan selengkapnya!
Gimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang? Ini Jawabannya!

Siapa sih yang nggak pernah menonton video YouTube tiap harinya? Berbagai video dari segala penjuru dunia tentu dapat menghibur kamu. Mulai dari video olahraga, unboxing, tutorial atau sekadar mencari hiburan menarik.

Namun banyak kamu bertanya-tanya, gimana cara para content creator menghasilkan pundi-pundi penghasilan? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 cara YouTuber mendapatkan uang yang paling umum dipakai guys.

Inilah 5 Cara YouTuber Mendapatkan Uang

1. Monetisasi dan Google Adsense Video YouTube
Gimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang? Ini Jawabannya!

Melakukan monetisasi adalah cara paling umum para YouTuber mendapatkan uang. YouTube sendiri saat ini dimiliki oleh Google sehingga kamu dapat dengan mudah mendaftarkan pemasangan iklan pada video kamu lewat layanan Google Adsense.

Secara umum, kamu akan memperoleh penghasilan sebesar 55% dari pengiklan. Sisanya 45% akan menjadi hak mikil Google guys. Terdapat banyak perhitungan yang wajib kamu pelajari, mulai dari Cost per Mille (CPM) atau Cost per Click (CPC).

2. Sponsporship dengan Berbagai Brand
Gimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang? Ini Jawabannya!

Jika kamu sudah memiliki channel YouTube yang sukses dan menggaet banyak viewers, maka bersiaplah kamu dipanggil oleh para brand. Pasalnya kamu bisa saja ditawarkan untuk melakukan kerja sama sponsorship yang tentu sangat menguntungkan.

Cara YouTuber mendapatkan uang ini tentu harus menguntungkan kedua pihak. Kamu bisa me-mention brand yang beriklan pada tayangan video kamu. Biasanya diletakkan pada bagian awal. Sebagai gantinya, kamu bakal mendapatkan sejumlah reward loh.

3. Bikin dan Jualan Merchandise Unik
Gimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang? Ini Jawabannya!

Pernahkah kamu merasa nge-fans banget sama YouTuber yang sering kamu tonton setiap hari? Nah untuk memanfaatkan peluang ini, beberapa YouTuber membuat dan menjual merchandise unik yang tentunya limited edition.

Kamu bisa berjualan berbagai hal seperti kaos, jaket, gantungan kunci, mug dan lain sebagainya untuk memperoleh penghasilan. Untuk mempermudah penjualan, kamu bisa menggunakan berbagai layanan e-commerce di Indonesia nih.

4. Gabung dengan Multi-Channel Network (MCN)
Gimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang? Ini Jawabannya!

Platform YouTube yang kian populer menjadikan banyak orang mengidam-idamkan YouTuber menjadi sebuah profesi baru. Buat kamu yang baru merintis, mungkin nggak ada salahnya buat bergabung dengan Multi-Channel Network (MCN).

Dengan ini kamu bakal bisa saling tukar pendapat dengan berbagai YouTuber lain yang terhubung, Mulai dari promosi, ide konten bahkan sampai bisa saling berkolaborasi loh. Lumayan kan bisa menambah viewers channel kamu.

5. Bikin Produk di Luar YouTube, Buku atau Video Game!

Nah jika YouTube kamu sudah sukses menggaet viewers, kamu juga bisa loh melakukan hal lain yang mungkin menjadi hobi kamu. Membuat buku cerpen atau bahkan membikin video game sendiri seperti yang dilakukan PewDiePie.

PewDiePie sendiri bekerja sama dengan pengembang Outerminds Inc, membuat game berjudul PewDiePie: Legend of the Brofist. Menariknya game ini bisa menghasilkan lebih dari US$100 ribu, padahal baru rilis hari pertama di Amerika Serikat. Wow kan!

Akhir Kata

Nah itulah 5 cara YouTuber mendapatkan uang dari channel YouTube mereka. Dengan melakukan hal-hal kreatif, saat ini kamu bisa terkenal dan menghasilkan uang dari berbagai platform yang tersedia. Tertarik nggak guys?

Baca juga artikel seputar YouTube atau artikel menarik lainnya dari Rina Mardiana.

0 Response to "Gimana Cara YouTuber Mendapatkan Uang? Ini Jawabannya!"

Posting Komentar