Pasien Positif Covid-19 di Purwokerto Sempat Bepergian ke Solo dan Ungaran

Tim Gugus Tugas Covid-19 Banyumas melakukan tracing menyusul seorang pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto, Jawa Tengah, dinyatakan positif Covid-19. Bupati Banyumas Achmad Husein melalui video yang dikirim kepada wartawan mengatakan, sebelum diisolasi, pasien sempat bepergian dan menginap di Solo. Setelah dari Solo, pasien juga sempat ke Ungaran. "Pasien datang atas inisiatif sendiri ke RSMS 15 Maret. Seminggu sebelum datang ke RSMS, yang bersangkutan baru bepergian ke Solo dan menginap di Solo, dan dilanjutkan outbound di Ungaran. Kemungkinan besar tertular di Solo," kata Husein, Minggu (22/3/2020).
Pasien Positif Covid-19 di Purwokerto Sempat Bepergian ke Solo dan Ungaran

Berdasarkan KTP, pasien tinggal di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, dan merupakan pekerja swasta di Kabupaten Banjarnegara. Husein menjelaskan, siapapun yang pernah kontak dengan pasien akan ditracing sedetail-detailnya, termasuk istri, keluarga, dan teman. Petugas terus melakukan penelusuran ke mana saja pasien antara tanggal 11 sampai 14 Maret atau sebelum masuk rumah sakit. Orang yang kontak dengan pasien tersebut akan dijadikan orang dalam pemantauan (ODP) atau PDP, tergantung kondisi masing-masing. "Kalau ada gejala akan dijadikan PDP dan diisolasi, kalau tidak ada gejala isolasi mandiri. Daerah sekitar rumah pasien akan didisinfektan. Kondisi pasien baik, tidak demam, hanya agak sesak napas, data klinis cenderung membaik," ujar Husein.

Diberitakan sebelumnya, seorang PDP di RSMS Purwokerto dinyatakan positif Covid-19. Pasien ini berjenis kelamin laki-laki berusia 46 tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasien Positif Covid-19 di Purwokerto Sempat Bepergian ke Solo dan Ungaran", https://regional.kompas.com/read/2020/03/22/09170291/pasien-positif-covid-19-di-purwokerto-sempat-bepergian-ke-solo-dan-ungaran.
Penulis : Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain
Editor : David Oliver Purba

Belum ada Komentar untuk "Pasien Positif Covid-19 di Purwokerto Sempat Bepergian ke Solo dan Ungaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel