Tips Investasi Emas - Seri Ekonomi Islam

Meskipun investasi emas sangat menjanjikan, Anda perlu trik dan teknik tersendiri untuk terjun di bisnis ini. Berikut tips investasi emas yang penulis kutip dan olah dari uraian Safir Senduk, pakar perencana keuangan, dan beberapa sumber tambahan lainnya.

1. Jika Anda berinvestasi emas untuk jangka pendek, biasanya, akan sulit mendapatkan keuntungan kalau bentuknya emas perhiasan. Hal ini karena kalau Anda datang ke toko dan membeli perhiasan emas, anda harus membayar emas plus ongkos pembuatannya. Nah, ketika suatu saat Anda menjualnya kembali, maka toko tidak akan membayar ongkos pembuatannya dari perhiasan emas tersebut. Ia hanya akan membayar harga emasnya saja. Karena itu, investasi emas perhiasan lebih untung kalau disimpan untuk jangka panjang karena harga perhiasan tersebut sudah naik jauh dibanding ketika Anda membelinya. Emas perhiasan tersedia dalam berbagai macam karat, mulai dari 18 karat, hingga 24 karat. Namun, bila hendak investasi, alangkah baiknya jika Anda memilih emas 24 karat. Hal ini karena kemungkinan nilai perhiasan emasnya akan jauh lebih besar bila anda menjualnya kembali, dibanding emas perhiasan yang 18 karat.
2. Investasi emas yang cukup baik adalah investasi emas dalam bentuk batangan. Siapapun tidak menyangkal bahwa emas batangan ini mudah dijual kembali. Selain itu, emas batangan tidak meminta ongkos pembuatan seperti halnya emas perhiasan. Maka tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan investasi emas bentuk emas batangan.
3. Anda juga bisa berinvestasi Koin Emas ONH (Ongkos Naik Haji). Maksudnya, koin emas ini diharapkan bisa sebagai alternatif investasi bagi mereka yang ingin menabung untuk mempersiapkan biaya ibadah haji. Harganya sama dengan emas yang mengikuti harga mata uang asing (dollar AS) serta aman terhadap inflasi.

 Tips-Investasi-Emas-Seri-Ekonomi-Islam
4. Sebelum berinvestasi emas, sebaiknya, Anda memperhatikan kebutuhan cash flow sendiri, apakah Anda memiliki dana tunai yang cukup besar dan dapat diinvestasikan pada emas, tiba-tiba, timbul kebutuhan jangka pendek di tengah jalan yang memaksa Anda untuk menjual emas tersebut. Hal ini bisa tidak menguntungkan.

Demikian tulisan tentang Tips Investasi Emas - Seri Ekonomi Islam. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel