Tips Susah Tidur

tips-susah-tidur

Kamu susah tidur malam, kenapa harus pusing? kalo nggak bisa tidur malamhati, tidurlah pada pagi hari. Lagian menurut gue masalah tidur itu nggak terlalu merisaukan. Masih mendingan dibanding masalah suka tidur. Lantas apa tips untuk yang susah tidur? cobalah beberapa tips di bawah ini:

Menghitung domba. Cara yang klasik tapi katanya masih ampuh. Bayangkan ada sekumpulan domba berdiri di belakang pagar. Lalu, bayangkan domba-domba itu melompati pagar. Hitunglah satu per satu jumlah domba yang melompat. Bila sudah mencapai 100 domba tapi belum bisa tidur juga, bayangkan kemungkinan lain. Kita mulai mengadu domba satu dengan yang lainnya. Bayangkan suspense yang mungkin terjadi dalam pertarungan adu domba itu.

Relaksasi. Melatih pernafasan  contohnya, ambil nafas dalam-dalam, tahan hiingga 10 hitungan, lalu hembuskan pelan-pelan. Lakukan berkali-kali. Hindari menahan nafas berlebihan (selama dua jam misalnya). Jika mengetahui bentuk relaksasi yang lain, ya silakan. Intinya tubuh dan pikiran yang santai membuat kita nyaman. Ujungnya, jadi gampang tidur. Hindari kecemasan, jauhi pikiran-pikiran negatif.

Mandi air hangat. Mandi air hangat sejam sebelum tidur membuat rileks. Pastikan airnya hangat, jangan mendidih. Nanti kulit kita bakal melepuh membuat sakit dan bikin susah tidur.

Hindari kopi, teh, rokok atau alkohol.  Ya, jangan. apalagi kalau belinya ngutang. Para penjual yang sebentar-sebentar menggedor pintu kamar jelas mengganggu tidur. Kalo dari tinjauan ilmiah: semua yang disebut di atas mengandung stumulans yang bikin kita terjaga.

Berolah raga teratur. Olahraga bisa menurunkan stress. Dua kata kunci di poin ini adalah: "Olahraga" dan "Teratur". Olahraga aja tapi nggak teratur kabarnya percuma. Masuk akall juga sih. Misalnya kita olahraga hari ini, dan baru olahraga lagi 2 tahun kemudian, setelah itu berhenti dan dilanjutkan 3 tahun kemudian, itu pasti tidak teratur dan tidak ngefek.

Jangan makan-minum sebelum tidur. Makan nasi padang 2 piring dan minum air mineral 1 galon, jelas berlebihan. Tapi persoalan pentingnya begini: makan sebelum tidur membuat perut kagak nyaman, Apalagi pada saat tidur biasanya terjadi proses pengolahan di perut. Minum terlalu banyak membuat kita jadi sering kebelet kencing. Jadi pas baru mau terlelap, kita jadi bangun lagi, Hal ini makin menyiksa manakala letak toilet sekitar 2 KM dari rumah kita.

Ruang tidur nyaman. Matikan lampu, singkirkan benda-benda yang menimbukan suara seperti weker atau jam dinding. Tidurlah di lingkungan yang tenang dan nyaman. Tidur di landasan pesawat terbang atau rel kereta api tidak dianjurkan (karena bikin waswas). Carilah lokasi yang tenang. Di kuburan misalnya.

Ranjang yang bersih. Rapihkan sebelum tidur. Jangan meletakkan berbagai benda di atas ranjang. Sepatu dan sandal letakkan di tempatnya. Obeng, gunting dan dongkrak buaya pun demikian. Ingat, ranjang adalah tempat tidur, bukan lemari perkakas.

Demikian tulisan tentang Tips Susah Tidur. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Susah Tidur"

Posting Komentar