Apa Itu VPN? Beserta Cara Kerja dan Alasan Kenapa Kita Harus Menggunakannya

Apa itu VPN? Apa kegunaan VPN untuk kita? Bisa untuk main Zepeto lagi? Tenang, KoranMalam akan jelaskan apa itu VPN agar kamu bisa main Zepeto lagi!

Kamu tahu apa itu VPN? Atau malah udah sering pakai? Mau tahu apa aja manfaat VPN? Apa sih kelebihan dan kekurangan VPN? Apakah VPN aman untuk digunakan?

Aplikasi VPN memang cukup populer dan banyak digunakan karena berbagai fungsinya, mulai dari membuka situs diblokir hingga menyembunyikan IP Addrees.

Oleh karena itu, kali ini KoranMalam akan mengulas secara lengkap mengenai apa itu VPN beserta cara kerja dan alasan mengapa kamu harus menggunakannya!

Apa Itu VPN?

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Sesuai dengan namanya, layanan ini akan memberikan privasi dan anonimitas online ketika sedang internetan.

VPN akan membuat jaringan kamu bersifat pribadi dengan menutupi IP Address kalian sehingga semua aktivitas onlinemu tidak akan bisa dilacak.

Tidak hanya itu, layanan VPN juga menjamin keamanan koneksi yang terenkripsi sehingga kamu bisa merasa tenang.

Contoh VPN yang terkenal antara lain ExpressVPN, Turbo VPN, Hotspot Shield, dan masih banyak lainnya lagi. Nanti di bawah, KoranMalam akan kasih rekomendasi aplikasi VPN terbaik yang bisa kamu gunakan!

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Apa Itu VPN? Beserta Cara Kerja dan Alasan Kenapa Kita Harus Menggunakannya

Mungkin kamu merasa penasaran, bagaimana cara VPN membuat kita menjadi anonim ketika berselancar di dunia maya?

Penjelasannya sedikit rumit, tapi akan KoranMalam jelaskan dengan sesederhana mungkin. VPN pada dasarnya membuat semacam terowongan data antara jaringan lokal kalian dan jaringan di lokasi lain.

Dengan demikian, kalian akan terlihat seolah-olah ada di tempat lain. Misal kamu menggunakan server Australia, kamu akan dianggap berasal dari negara tersebut.

Makanya jangan heran kalau dengan VPN kamu bisa mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah.

VPN menggunakan enkripsi untuk mengacak data kita yang terkirim di jaringan internet. Enkripsi tersebut membuat apapun yang kita kirimkan tidak akan bisa dibaca oleh pihak lain.

Selain itu, VPN akan membuat penyedia layanan internet tidak akan bisa mengetahui riwayat penggunaan internet karena alamat IP kita akan berubah.

Kenapa Butuh VPN? Apa Manfaat VPN?

Apa Itu VPN? Beserta Cara Kerja dan Alasan Kenapa Kita Harus Menggunakannya

Apakah kamu termasuk orang yang suka memanfaatkan fasilitas WiFi gratis ketika sedang nongkrong di kafe ataupun belajar di kelas?

Kalau iya, artinya kamu termasuk ke dalam daftar orang-orang yang paling membutuhkan penggunaan VPN.

Risiko terbesar dari menggunakan WiFi yang bersifat publik adalah tereskposnya informasi pribadi dan data-data sensitif lainnya.

Bahkan jika kamu menggunakan jaringan WiFi pribadi yang dilengkapi password, risiko tersebut tetap ada. VPN, seperti yang sudah KoranMalam sebutkan, akan melindungi keamanan dan privasi online kita.

VPN juga bisa melindungi kita terhadap pencurian identitas. Kamu tahu sendiri kalau kegiatan belanja online, perbankan, dan browsing sangat rentan untuk disadap dan disalahgunakan.

Apalagi, cara mengaktifkan VPN di Android maupun di laptop sangat gampang. Biasanya, kamu hanya perlu menekan satu tombol Connect/Start.

Singkatnya, VPN akan menyembunyikan berbagai data dan informasi kita seperti:

  • Histori browsing
  • Alamat dan lokasi IP
  • Lokasi untuk streaming (termasuk jika ingin nonton Netflix)
  • Perangkat yang digunakan
  • Semua aktivitas web

Apakah VPN Aman Digunakan?

Apa Itu VPN? Beserta Cara Kerja dan Alasan Kenapa Kita Harus Menggunakannya

Membaca penjelasan KoranMalam di atas, mungkin kamu akan merasa kalau semua layanan yang diberikan oleh VPN too good to be truth. Masa iya tidak ada bahaya VPN? Apakah VPN aman untuk digunakan?

Sebenarnya ada. Banyak malah. Apalagi kalau kalian memilih aplikasi VPN yang gratisan, risikonya menjadi lebih besar lagi.

Pertama kamu harus mengorbankan masalah keamanan. Pihak penyedia VPN gratis membutuhkan profit, sehingga kemungkinan akan menghujanimu dengan adware yang sangat mengganggu.

Segala aktivitas kita juga akan dilacak oleh mayoritas penyedia layanan VPN. Artinya, segala aktivitas kita tetap ada yang merekam. Kalau sampai bocor, tentu saja sangat berbahaya.

Bahkan ada yang menyebutkan kalau menggunakan VPN akan melambatkan jaringan internet kita, terutama kalau kita menggunakan VPN yang pilihan servernya sangat sedikit.

Versi gratis juga bisa menjual bandwidth kita ke pihak ketiga sebagai kompensasi. Makanya jangan heran kalau kamu merasa internetmu lelet meskipun sudah menggunakan VPN.

Kalau kamu memilih untuk membeli atau berlangganan versi premium, risiko-risko tersebut akan terminimalisir.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Apa Itu VPN? Beserta Cara Kerja dan Alasan Kenapa Kita Harus Menggunakannya

Untuk merangkum semua informasi yang ada di atas, KoranMalam akan kasih kamu ringkasan mengenai kelebihan dan kekurangan VPN yang wajib kamu ketahui!

Kelebihan

  • Menjaga keamanan data privasi kita dengan sistem enkripsi yang dimiliki
  • Mencegah pihak ketiga mengetaui informasi-informasi pribadi yang dimiliki
  • Alamat IP kita akan disembunyikan sehingga kita akan terlihat anonim
  • Mempercepat dan menstabilkan koneksi internet
  • Mengakses jaringan dari server negara lain, sehingga mampu menembus pemblokiran website atau aplikasi tertentu

Kekurangan

  • Versi gratis memiliki banyak risiko yang membahayakan
  • Beberapa aplikasi VPN tidak sepenuhnya aman
  • Pada beberapa kasus, VPN justru membuat jaringan menjadi lambat

BONUS: Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik

Setelah mengetahui berbagai seluk-beluk seputar VPN, kamu pasti ingin mencoba menggunakannya secara langsung, kan? Dalam memilih VPN, ada banyak aspek yang harus kamu perhatikan.

VPN harus bisa menghargai privasi kita, menggunakan protokol keamanan terbaru, bandwidth tak terbatas, pilihan negara server yang beragam, harganya, dan lain sebagainya.

Kalau kamu cari di Play Store, dijamin kamu akan bingung karena ada banyak banget pilihan aplikasinya yang bisa kamu download secara gratis.

Maka dari itu, mending kamu baca rekomendasi aplikasi VPN terbaik versi KoranMalam yang ada di bawah ini!

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan secara mendetail tentang apa itu VPN. Dengan ini, kamu bisa mengetahui bagaimana cara kerjanya, kelebihan kekurangan, manfaat, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, KoranMalam merekomendasikan kamu untuk menggunakan aplikasi VPN. Bukan yang versi gratis, tapi yang versi premium. Harganya tidak terlalu mencekik leher kok.

Hanya dengan membayar beberapa puluh ribu tiap bulannya (bahkan banyak yang lebih murah), kamu akan mendapatkan manfaat VPN seperti:

  • Koneksi internet yang lebih aman
  • Data yang terenkripsi
  • Anonimitas online
  • Membuka situs yang diblokir oleh pemerintah
  • Dan masih banyak lainnya

Semoga artikel ini bisa menjawab semua pertanyaanmu seputar VPN, ya. Kalau masih ada yang belum jelas, tulis aja di kolom komentar!

Baca juga artikel seputar VPN atau artikel menarik lainnya dari KoranMalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel